H. Zulkifli; Santri Madrasah Calon Intelektual Islami dan Gen Z Religi

zulkifli
Koto Baru, SuhaNews – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli menyebut jika santri madrasah adalah calon intelektual Islam sekaligus Gen Z yang dadanya kaya iman dan kepalanya penuh ilmu pengetahuan.

Hal ini disampaikan oleh H. Zulkifli saat membuka secara resmi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2022 di MAN 1 Solok Plus Ketetampilan, Sabtu (13/8).

Ketua Panitia yang juga Kasi Penmad H. Symasul Bahri dalam laporannya menyampaikan bahwa KSM ini berlangsung selama tiga hari yakni Sabtu, Minggu dan Senin yang setiap harinya diikuti oleh tingkatan madrasah berbeda.

Disampikannya, untuk tahun 2022 ini jumlah peserta dari Kabuoaten Solok sebanyak 296 orang  dari tiga tingkatan. Adapun mata pelajaran yang dilombakan adalah, tingkat Aliyah, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi. Tingkat Tsanawiyah, Matematika, IPA Terpadu dan IPS Terpadu. Sedangkan tingkat Ibtidaiyah Matematika Terintegritas dan Sains IPA Terintegritas.

“Untuk pembukaan, selain diikuti oleh peserta tingkat Aliyah juga diikuti oleh peserta dari masing-masing madrasah secara daring di kampus masing-masing dan selanjutnya akan mengikuti kompetisi sesuai jadwal,” tutup Syamsul Bahri.

Kepala Kantor Kemenag H. Zulkifli mengawali sambutannya dengan menyebutkan bahwa KSM merupakan ajang yang digelar oleh Kementerian Agama untuk memunculkan intekektual Islam dari madrasah yang memiliki iman, ilmu dan pengetahuan ditunjang oleh budi pekerti dan akhlak mulia.

H.Zulkifli memamaparkan bagaimana pentingnya kolaborasi agama dengan kecerdasan siswa untuk memunculkan ahli ahli sain dari madrasah yang telah diisi dengan dasar dasar ke Islaman untuk nanti kelak berkontribusi memajukan Indonesia.

Menutup sambutannya, Kakan Kemenag berharap dari kompetisi ini nantinya akan ada duta Kabupaten Solok yang tampil di pentas nasonal untuk mengharumkan nama madrasah dan nama kabupaten Solok.

BACA JUGA  Gerimis, Tak Kurangi Semangat Keluarga Kemenag Kab. Solok Thaharah di Masjid Raya Gantung Ciri

Usai membuka secara resmi di aula, Kakan Kemenag dengan didampingi oleh Kasi Penmad dan kepala MAN 1 Solok Syukrizal, meninjau kesiapan dan pelaksanaan ajang ini di labor komputer madrasah tersebut. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakRudin Wako Padang Panjang, Satu-Satunya Rumah Dinas Kepala Daerah yang Jadi Galeri Lukisan
Artikulli tjetërWalikota Padang Panjang Sambut 37 Jamaah Haji di Islamic Center