IBI dan DPPKBP3A Pasaman Barat Gelar Metode Kontrasepsi Jangka Panjang

pasaman
Pasaman Barat, SuhaNews – Bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Pasaman Barat menggelar metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dalam rangka bulan bakti sosial.  

DPPKBP3A dan IBI ingin mewujudkan keluarga yang berkualitas dengan program keluarga berencana. IBI Cabang Pasaman Barat juga memperingati Hari Ulang Tahunnuya  ke-70 di tahun 2022.

Baca juga: Pemko Padang Tata PKL yang Menggunakan Bibir Pantai

“Kegiatan ini merupakan kemitraan dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sekaligus memperingati ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-70 di tahun 2022,” ujar Kepala DPPKBP3A Pasbar, dr Hj. Anna Rahmadia melalui Kabid Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Bdn Yusnirwana S. Tr, Sabtu (14/5) di Puskesmas Ophir.

Pelayanan ini, jelasnya, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan KB bagi pasangan usia subur dan kegiatan ini ada kaitannya dengan program stunting.

“Gebyar pelayanan KB ini digelar secara nasional di seluruh tanah air, berlangsung sejak 18 April lalu sampai 14 Mei,” jelas Yusnirwana.

Sinergisitas antar OPD, tambah Yusnirwana, sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Sementara itu, Ketua IBI Cabang Pasaman Barat Bdn Ermita Kasmadi S. ST mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan sinergi atau kerjasama IBI Cabang Pasaman Barat dengan DPPKBP3A dalam rangka memperingati hari IBI ke 70.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keluarga yang berkualitas melalui program mengatur jarak kelahiran,” ujar Ermita Kasmadi.

Dalam kerjasama antara IBI Cabang Pasaman Barat dengan DPPKBP3A dengan jenis KB Implan, IUD dan Tubektomi (Metode Operasi Wanita/MOW).

“IBI juga melaksanakan program Posyandu, pelayanan ibu hamil, kelas ibu hamil dan pelayanan imunisasi bagi Balita,” jelas Ermita Kasmadi.  (Wewe)

BACA JUGA  Pasca Banjir Warga Solok Selatan Diminta Waspadai Bahaya Hidrometeorologi

Baca juga: Pol PP Sijunjung Amankan 5 Pasang Remaja Tengah Bermesraan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBKMT Sumbar Gelar Dakwah Wisata di Masjid Agung Darussalam
Artikulli tjetërUltah ke-2, Komunitas Avanza Xenia Dharmasraya Gelar Donor Darah