Ikut Musyran IPM, 95 Santri Ponpes Al Kautsar Belajar Berorganisasi

Ikut Musyran IPM, 95 Santri Ponpes Al Kautsar Belajar Berorganisasi
Lima Puluh Kota, SuhaNews – Santri Pondok Pesantren Modern Al Kautsar Sarilamak Harau menyelenggarakan Musyawarah Ranting (Musyran) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) pada Jumat, (25/2), di aula pondok setempat. Kegiatan yang mengasah kemapuan santri dalam berorganisasi ini mengusung tema “Menciptakan Pemimpin yang Cakap, Amanah dan Adil dalam mengambil Keputusan, Serta Jihad Lillahita’ala Untuk Pelajar Berdaya”.
Peserta Musyran IPM berjumlah 95 orang, terdiri dari utusan kelas VII tingkat Wustha hingga kelas XI tingkat ‘Ulya, ditambah utusan dari pengurus IPM yang lama. Musyran ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan pelaporan pengurus sebelumnya dan memilih struktur kepengurusan yang baru. Musyawarah Ranting merupakan musyawarah tertinggi dalam organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di tingkat ranting.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al Kautsar, Dafri Harweli, dalam sambutan pembukaannya mengapresiasi para panitia yang telah berhasil mengangkatkan Musyawarah Ranting bagi organisasi IPM. Dafri menyebut, Musyawarah Ranting merupakan wadah bagi santri untuk berlatih bermusyawarah secara tertib melalui persidangan. Ia juga mengatakan, sebelum musyran dimulai, anak-anak dibekali dengan materi kepemimpinan dan materi persidangan.

“Dari kegiatan ini kita berharap santri kita mampu memahami tata cara persidangan, bagaimana bermusyawarah yang baik, dan mengajarkan kepada mereka kiriteria pemimpin yang baik,” jelas Dafri.

Dafri juga berharap, dari Musyran ini, akan terbentuk kepemimpinan IPM yang baru yang lebih solid, mampu bekerjasama, serta dapat mewujudkan 3 Ideologi IPM. “Dengan adanya organisai IPM ini, semoga santri kita mampu menjadi generasi yang berjiwa pemimpin dan bisa memajukan IPM untuk lebih baik, serta mampu menerapkan 3 Ideologi IPM, yaitu Sukses Ibadah, Sukses Studi dan Sukses Organisasi,” pungkas Dafri.

Pembina Ikatan Pelajar Muhammadiyah Al Kautsar, Adil Syadli, dalam sambutannya mengucapkan selamat bermusyawarah kepada para peserta Musyran. Adil berharap kepada peserta agar memilih pengurus bukan dari fisiknya, namun mereka yang baik untuk dijadikan pemimpin berdasarkan baik ibadahnya, akhlaknya dan keimanannya.

BACA JUGA  Ny. Genny Hendri Septa Lantik 7 Ketua TP-PKK Kecamatan

Adil juga menyampaikan bagaimana kriteria menjadi pemimpin yang baik sesuai dengan yang diajarkan Al Quran dan Rasulullah. Ia menyambut baik kegiatan ini, karena pergantian kepengurusan tentunya untuk terus membuat kemajuan terhadap Pondok Pesantren Al Kautsar dan salah satu langkah menanamkan jiwa kader serta jihad kepada santri.

Pembina IPM ini juga berharap semoga pemimpin IPM berikutnya bisa berbuat dengan cakap, amanah, adil, dan ikhlas dalam rangka berjihad di jalan Allah. Semoga kinerja pengurus terpilih bisa lebih baik, dan menjadi teladan bagi santri yg lain dan bagi pelajar diluar sana. (Nauri/Nina)

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTim Pemeriksaan Interim BPK Sumbar Dilepas Wali Kota Solok
Artikulli tjetërKantor Kemenag Pasaman Barat Jadi Posko Pengungsian