Jadi Duta Tanah Datar, Dasawisma Nagari Tabek Patah Dinilai Tim Provinsi

datar
Tanah Datar, SuhaNews – Dasawisma Nagari Tabek Patah  mewakili Kabupaten Tanah Datar ke tingkat Provinsi Sumatera Barat. 

“Semoga Dasawisma Tabek Patah bisa menjadi yang terbaik di Sumatera Barat,” ujar Ketua TP PKK Nagari Tabek Patah Ny. Nurman Krisman, Selasa (2/2) menyambut Tim Penilai Provinsi.

Tim penilai dari provinsi dipimpin oleh Wakil Ketua TP PKK Ny. Wartawati Nasrul Abit. Tim disambut oleh Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra  Suhermen, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Nuryeddisman, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma, Kadis PMDPPKB Nofenril, Wakil Ketua TP PKK Ny. Rina Irwandi dan beberapa kepala OPD lain di Gedung Indo Jolito Batusangkar,

“Penilaian ini mencakup kelengkapan administrasi, penyampaian ekspos Ketua TP PKK Nagari Tabek Patah dan juga kunjungan lapangan. Dalam eksposnya  mengatakan tingginya partisipasi anggota dasawisma masing-masing jorong sehingga menjadi Tabek Patah juara satu di Kabupaten Tanah Datar,” tambah  Ny. Nurman Krisman.

Berbagai kegiatan inovasi, ujar Ketua TP PKK Nagari Tabek Patah Ny. Nurman Krisman, yang dilakukan anggota dasawisma seperti membuat kebun percontohan lengkap dengan tanaman dapur hidup, apotik hidup dan warung hidup, pembuatan kebun sayur, membudidayakan tanaman toga di setiap pekarangan rumah, sosialisasi kegiatan PKK melalui simulasi dan stiker.

“Pembinaan agama, adat dan seni budaya daerah melalui shalawat, pidato adat, qasidah rebana, silat dan pembibitan tanaman hias,” tambah Ny. Nurman Krisman.

Sementara dari Kelompok Kerja (Pokja) I-IV dikatakannya juga banyak kegiatan yang dilakukan untuk menunjang kesejahteraan keluarga seperti goro satu kali sebulan, wirid pengajian, senam, MoU dengan KUA Kecamatan Salimpaung tentang kegiatan keagamaan.

BACA JUGA  Traffic Light Tak Berfungsi, Dinas Perhubungan Kota Pariaman Lakukan Survei

Mengadakan kerjasama dengan Dinas Koperindag tentang UP2K yang saat ini sedang dikembangkan yaitu kerupuk katam. Usaha pembibitan, sosialisasi pakaian tradisional, taman dasawisma, Budikdamber (budaya ikan dalam ember), MoU dengan Dinas Pertanian.

Rumah sehat, rumah isolasi, stiker kesehatan, matikan rokok sebelum masuk rumah, PHBS, LBS dan MoU dengan Dinas Kesehatan.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen menyampaikanbahwa inti dari dasawisma itu bagaimana meningkatkan kesejahteraan, dan kesehatan keluarga, jadi tatanan keluarga itu dimulai dari rumah tangga dan dibantu dengan kelompok dasawisma.

‘Selamat pada kelompok Dasawisma Melati II Jorong Koto Nagari Tabek Patah ini yang telah berhasil masuk nominasi enam besar lomba penilaian kelompok dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021,” kata Suhermen.

“Selamat kepada kelompok dasawisma melati II Nagari Tabek Patah yang saat ini dinilai dan juga selamat datang di Tanah Datar Luhak Nan Tuo kepada Tim Penilai dan rombongan dan kedatangan rombongan tim penilai ini dapat kami jadikan sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik lagi,” ucapnya.

Suhermen juga menyebut karena saat ini masih dalam kondisi pandemi covid-19 maka penilaian sesuai dengan protokol kesehatan, di mana peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta menjaga jarak.

Hal senada juga disampaikan Ketua Tim Penilai Ny. Wartawati Nasrul Abit bahwa dasawisma sebagai penggerak 10 program pokok PKK di tengah-tengah masyarakat merupakan ujung tombak untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Ketua Dasawisma yang telah bekerja dengan ikhlas dan baik, maka pada momen peringatan hari kesatuan gerak pkk setiap tahun dilaksanakan penilaian dan pemilihan ketua kelompok dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang diawali temu dasawisma di provinsi pada awal Januari 2021 lalu dan alhamdulillah dasawisma nagari Tabek Patah ini masuk nominasi dari 11 daerah nominator dan hari ini kunjungan lapangan,” ujarnya.

BACA JUGA  Samudra Project Launching Jingle of Padang Panjang

Ny. Wartawati Nasrul Abit katakana terkait pandemi covid-19 juga menghimbau pengurus, kader dan masyarakat untuk selalu patuh dengan protokol kesehatan (3M).

Turut hadir dalam penilaian tersebut Camat Salimpaung Abramis Yuzi, Wali Nagari Tabek Patah dan tamu undangan lainnya.

Reporter: Dajim        Editor: Wewe

Baca juga:

Facebook Comments

loading...