Jamaah Haji Pasaman Persiapkan Keberangkatan Tahun 2022 Ini

Jamaah Haji PAsaman Persiapkan Keberangkatan Tahun 2022 Ini
Pasaman, SuhaNews – Tiga tahun tertundanya keberangkatan Jamaah Haji Indonesia ke tanah suci, akhirnya tahun 2022 ini doa para calon dhuyufurrahman itu akan terkabul.
Saat gelaran bimbingan manasik haji Kabupaten Pasaman di mushalla Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Senin (18/4) Kepala Seksi PHU Edy Ridwan menginformasikan ada sebanyak 251 calon jemaah haji Pasaman lunas tunda tahun 2020 yang masuk dalam kuota keberangkatan tahun ini.

Edy mengatakan, jumlah tersebut masih dibatasi dengan ketentuan jumlah jemaah Indonesia yang akan berangkat sebesar 50 persen. Dan itu merupakan ketentuan dari pihak Pemerintah Arab Saudi.

Informasi tersebut diperkuat juga oleh Sub Koordinator Bina Haji Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Zilwadi yang hadir ke Pasaman memberikan bimbingan.

Disampaikan Zilwadi, Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan segala kebutuhan baik akomodasi, transportasi, layanan kesehatan dan lainnya yang dibutuhkan untuk jemaah haji. Ini sebagai bukti keseriusan serta tanggung jawab Pemerintah.

Maka, ia meminta kepada jemaah untuk fokus mempersiapkan diri, kesehatan fisik dan mental juga ilmu agar sukses dalam menunaikan ibadah di tanah Makkah nantinya. Sembari menceritakan pengalamannya berhaji dengan jemaah asal Pasaman tahun-tahun silam.

Sementara, Kepala Kemenag Pasaman Gusman Piliang yang membuka resmi bimbingan manasik mengajak jemaah untuk bersyukur telah bisanya untuk berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah haram pada tahun 2022 ini.

Meski katanya sempat tertunda, namun berkat kesabaran dan niat yang tulus membuahkan sesuatu yang dambakan selama ini. Pergi ke Baitullah dan wukuf di Arafah menunaikan rukun Islam kelima.

Lanjut pejabat yang bersama istri Srinanda juga berangkat tahun ini atas nama jemaah Kabupaten Lima Puluh Kota, walau ada kenaikan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) sebesar 39,8 Juta rupiah, jemaah tidak perlu membayar kenaikannya tersebut, karena dapat ditanggulangi dengan alokasi Virtual Account.

BACA JUGA  Wali Nagari Mungka Wafat, Lima Puluh Kota Berduka

Gusman Piliang berpesan, agar calon jemaah haji Pasaman untuk benar-benar melakukan persiapan diri, menjaga kesehatan jasmani juga mental. Mengikuti bimbingan manasik haji secara aktif, karena dianggap berguna untuk jemaah dalam rangka mencapai kelancaran dan kesuksesan dalam beribadah nantinya.

Atas nama Pemerintah Daerah Pasaman, Kepala Bagian Kesra Linggoman yang hadir di acara pembukaan manasik haji menyampaikan pemerintah akan memberikan layanan terbaik dan memfasilitas keberangkatan jemaah mulai dari tempat tinggal hingga ke Embarkasi Haji Padang dengan menyediakan akomodasi di Lubuk Sikaping sebelum berangkat menuju Padang juga transportasi berupa bus.

Kabag Kesra itu juga meminta calon tamu-tamu Allah asal ranah Pasaman untuk menjaga kesehatan dirinya serta melakukan persiapan-persiapan yang baik.Yusuf

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakDiduga Berbuat Mesum, Pasangan Paruh Baya Diamankan Warga
Artikulli tjetërMTQ Tingkat Jorong Batu Palano Berakhir, Masjid Jihad Parak Gadang Raih Juara Umum