Jorong Rawang Sulit Air “Kemenangan dalam Ramadhan”

Jorong Rawang Sulit Air “Kemenangan dalam Ramadhan”

Jorong Rawang Sulit Air “Kemenangan dalam Ramadhan”

oleh : Zulhendri, M.Pd

Cerita tentang bulan Ramadhan, sagatlah dinanti-nanti oleh setiap orang Islam dimuka bumi ini. Sehingga pada saat Ramdhan sudah didepan mata, berbagai macam kegiatan penambah amal yang dilakukan oleh setiap orang dan kelompok, mulai kegiatan didalam ruangan (masjid, mushallah, dll-nya) juga ada yang dilaksanakan diluar ruangan atau dilapangan.

Hal tersebut dilaksanakan kegiatan yang bernuansa islami diselenggarakan oleh tim penggerak pemuda dan pelajar yang ada di Jorong Rawang Sulit Air Kabupaten Solok dengan bernamakan organisasinya “Ikatan Remaja Masjid Jorong Rawang Sulit Air”.

Mulai tanggal 1 Ramadhan 1442 H yang bertepatan tanggal 13 April 2021 kegiatan keagamaan dilaksanakan di Jorong Rawang Sulit Air yang dipusatkan pada Masjid Taqwa Rawang Sulit Air, semuanya diambil alih oleh Ikatan Remaja Masjid tesebut mulai dari kegiatan mengisi jadwal ceramah, kegiatan perlombaan-perlombaan, pengumpulan zakat fitrah, sampai dengan kegiatan penunjang lainnya selama Ramadhan ini dibawah bimbingan pengurus Masjid Taqwa Rawang Sulit Air, Bapak Afrizal, S.Pd.

Pada kegiatan Ramadhan ini, Plt. Jorong Rawang Sulit Air Bapak Burkhainizul mengatakan bahwa : “mari kita bersama-sama mendukung kegiatan anak-anak kita ini sehingga dengan pelaksanaan ibadah ramadhan yang kita pusatkan di Masjid Taqwa Rawang Sulit Air sehingga silaturrahmi kita di Jorong ini bisa kita pertahankan selamanya” tutur beliau.

Dengan jiwa semangat para pemuda dan pelajar itulah kegiatan demi kegiatan dilaksanakan selama ramadhan ini terisikan oleh para pemuda dan pelajar tersebut. Kegiatan ceramah agama setelah tarawih, Subuh, dan zhuhur pun diisi penuh oleh para pelajar yang berlatar belakang pendidikan mulai dari SLTP, SLTA, bahkan Mahasiswa.

Saya sangat bangga sekali pada tahun ini, kegiatan Ramadhan yang diketuai oleh Fahri Akbar (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) berserta kawan-kawannya bisa mengangkat berbagai kegiatan penunjang dalam beribadah selama Ramadhan ini, Tutur Zulhendri, M.Pd (Dosen IAIN Batusangkar) yang sebagai penggerak di Jorong tersebut satu rumah satu sarjana.

BACA JUGA  ACT Berikan Penghargaan pada STIE El Hakim

Fahri Akbar juga menjelaskan “dengan adanya kuliah daring ini saya juga bangga sekali bisa berbagi ilmu di kampung halaman saya apalagi pada masa bulan ramadhan ini’

Pada tanggal 8 s.d 11 Mei 2021, ikatan remaja masjid ini mengangkat sebuah kegiatan pesantren kilat dengan jumlah pesertanya adalah 40 orang terdiri dari siswa SD dan SLTP yang ada di Jorong Rawang Sulit Air.

Seluruh panitia dan peserta dalam pesantren kilat ini dikampuskan selama kegiatan yang ditempatkan di masjid dengan disajikan berbagai ilmu agama dan ilmu pengetahuan lainnya yang diisi oleh lebih kurang 25 mahasiswa dari perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia yang merupakan asli putra-putri dijorong tersebut. Tujuan pesatren kilat ini adalah mendidik anak-anak, disiplin dalam beribadah dan patuh terhadap perinta guru, jelas kata Afrizal, S.Pd

Semoga dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan ini  dapat diteruskan pada ramadhan tahun berikutnya agar kita semua sadar akan begitu berartinya pendidikan ini untuk anak-anak harapan bangsa dan menghidupkan suasana ramadhan ini dengan berbagai kegiatan positif untuk warga yang ada disekitarnya.**

Baca Juga : 

Facebook Comments

loading...