Kabupaten Solok Menerima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

kabupaten
Pengharagaan Kabupaten Peduli HAM untuk Kabupaten Solok
Arosuka, SuhaNews – Kabupaten Solok menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM (Hak Azazi Manusia) 2019 dari Kementerian Hukum dan HAM. Penghargaan diterima Senin, 4 Januari 2021 di Auditorium Gubernur Sumbar.

Selalin dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, juga hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya, Bupati Solok diwakili oleh Sekda, dan Aswirman Kabag Hukum Setda Solok Syamsul Bahri.

Penghargaan ini diterima secara simbolis oleh Bupati Solok diwakili oleh Sekdakab Solok Aswirman. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitnolah yang menyerahkan penghargaan tersebut.

“Penghargaan itu merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah yang berupaya memberikan yang terbaik dalam pemenuhan HAM di masyarakat,” jelas Aswirman usai menerima penghargaan.

Kabupaten Solok, jelas Aswirman, sudah dua kali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebagai Kabupaten Peduli HAM, yakni 2017 dan 2019.

“Alhamdulillah, tahun ini kita kembali meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Ini adalah yang ke-2 kalinya,” tambah Aswirman.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan bahwa penilaian merujuk pada 7 hak dasar, di antaranya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak. Kemudian, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Tujuh hak dasar itu harus kita penuhi, dandituangkan ke dalam kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Misalnya hak atas kesehatan, programnya dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan,” ujar Gubernur Irwan Prayitno. Wewe

Baca juga:

Facebook Comments

BACA JUGA  Solok Selatan Menerima Penghargaan Sebagai Pengelola Dana Desa Terbaik
loading...