Kakan Kemenag Limapuluh Kota Hadiri Wirid Bulanan IPHI

lima
Lima Puluh Kota, SuhaNews — Kakan Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Irwan menghadiri wirid bulanan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu (28/8) di IPHI Centre.

Dalam kegiatan tersebut juga dikukuhkan Pengurus IPHI Cabang Kecamatan Harau, serta penyambutan jemaah haji kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2022.

Baca juga: Kemenag Bukittinggi Gelar Pembinaan KBIHU

“IPHI adalah lembaga untuk mendukung pemerintah dalam pembangunan keagamaan,” ujar H. Irwan.

IPHI membutuhkan dukungan dari semua pihak. Sinerjitas dari seluruh unsur terkait akan menciptakan kehidupan beragama di Lima Puluh Kota akan damai.

Semua unsur dan semua pihak, jelas Irwan, berperan dalam menciptakan kehidupan bergama di Kabupaten Lima Puluh kota. Masyarakat yang madani adalah tanggung jawab bersama, jangan hanya slogan saja, tanpa usaha dan ikhtiar.

“Semoga peran IPHI dapat dirasakan masyarakat dalam pembangunan umat beragama. Dan kepada Pengurus IPHI Cabang Harau yang dikukuhkan kami ucapkan selamat. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik,” ucap kepala Kantor Kemenag.

Sebelumnya, Gubernur Sumatra Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, dalam sambutannya menyatakan bahwa IPHI adalah kebutuhan untuk mewujudkan bukti kemabruran ibadah haji, karena mereka yang telah melaksanakan ibadah haji dituntut mampu membawa masyarakat kepada kemaslahatan umat dan negara.

Gubernur berharap akan ada undang-undang yang menjadi payung hukum untuk membangun Sumatra Barat yang lebih baik. Dengan adanya regulasi ini, akan lebih mendekatkan masyarakat kepada agama dan Al Quran.

Sejalan dengan ini, Bupati Lima Puluh Kota, diwakili Kabag Kesra, Usman, menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mendukung dengan adanya IPHI ini.

Sebagai wadah pemersatu jamaah haji, IPHI hadir memberi solusi bahwa dengan kebersamaan, kehidupan umat beragama akan baik-baik saja. Pemerintah Daerah telah melaunching Program Rumah Tahfiz dan memasukan mata pelajaran Adat Alam Minangkabau ke dalam muatan lokal di satuan pendidikan. Untuk itu, Pemerintah Daerah mohon dukungan dari semua pihak.

BACA JUGA  Jelang Ramadhan, Makam Syekh Kumango Ramai Didatangi Peziarah

Sebelum kegiatan usai, Ketua IPHI Lima Puluh Kota, H. Safrijon, melantik Pengurus IPHI Cabang Harau. Sebelum melantik, Safrijon mengingatkan kepada pengurus untuk selalu ingat moto IPHI, yaitu Haji Sepanjang Hayat.

Artinya, IPHI harus menjadi wadah yang dibutuhkan msayarakat untuk melestarikan haji yang mabrur, ditandai dengan suka berbagi makanan, dan berkata-kata dengan perkataan yang baik.

Hadir juga dalam kegiatan silaturahmi tersebut, Sekretaris Umum IPHI sumbar, H. solsafat, Kepala Dinas peternakan sumbar, Drh. Erinaldi, Ketua MUI, H. Asrat Chan, dan Kasi PHU, H. Zakaria.(Nina)

Baca juga: Wakil Bupati Iraddatillah BerSilaturrahmi dengan Jemaah Haji Sijunjung

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakSekda Solsel Dorong Percepatan Kegiatan dan Peningkatan Disiplin Pegawai
Artikulli tjetërKepala Satpol PP Elafki: Parkir Sembarangan Rusak Keindahan Kantor