Karakter Petani Maju

karakter

Karakter Petani Maju

Penulis: Muhammad Taufiq SP.MP.

Menjadi petani adalah pekerjaan yg lebih tinggi dari segala bentuk pekerjaan apapun dimuka bumi ini. Terbukti tanpa petani, akan jadi seperti apa hidup kita tanpa makanan. Setiap insan yang bersentuhan dengan upaya menghasilkan produksi tanaman yang dibudidayakan demi memenuhi kebutuhannya sudah bisa dimasukkan dalam kategori ini, terlepas dari luas dan jenis usaha taninya.
Namun sayangnya tidak lah setiap pelaku usaha tani ini mengerti akan posisi dan karakter seperti apa yang seharusnya agar menjadi sukses.

Sukses itu bersifat relatif tergantung masing-masing orang, karena parameter sukses itu berbeda. Termasuk petani kita, ukuran kesuksesan itu tergantung sejauh mana hasil yang diinginkannya.

Yang pastinya menjadi petani sukses itu adalah menjadi petani yang berguna, bermanfaat bagi keluarga, masyarakat sekitar, serta bagi sosial ekonomi negara pada level makro.

Agar bisa menjadi petani yang sukses, harus memiliki beberapa karakter atau sifat-sifat diantaranya :

1. Rasa ingin tahu yang tinggi, mau belajar dan mencoba hal yang baru

Intinya seorang petani itu harus fokus bagaimana meningkatkan kualitas dirinya, tidak kenal menyerah dalam kegagalan tanpa harus menyalahkan pihak manapun atau apapun.

2. Berani mengambil resiko

Intinya meskipun dihadapkan pada kondisi alam yang tidak mendukung sehingga produksi tidak sesuai harapan, seorang petani maju tidak kenal arti menyerah, terus berusaha dengan mengatur strategi agar keadaan tidak terulang.

3. Tahu cara atau kunci keberhasilan usahataninya

Untuk bisa sukses, tentunya butuh kunci berupa ilmu dalam mengelola usahatani yang ia kelola sehingga resiko kegagalan bisa diminimalisir sesuai hasil yang diharapkan.

4. Sikap optimis

Percaya diri sangat dituntut dalam diri setiap insan petani sebelum memutuskan menjadi petani dan saat proses produksi. Hal ini penting karena keyakinan akan melahirkan usaha yang benar.

5. Kerja keras dan disiplin

Ini sudah menjadi nilai tawar yang tidak bisa dielakkan. Karakter petani yang seperti ini sangat diharapkan bagi petani yang ingin maju. Seberapapun besar keinginan jika tidak diwujudkan dengan kerja keras tentu tidaklah mencapai hasil yang diharapkan.

6. Berpikir untuk mengelola dan menjual

Meskipun tidak semua petani sampai pada titik ini, namun hasil buah karya dari setiap usaha tani yang diolah bila bisa dinikmati banyak orang, adalah salah satu poin kebanggaan tersendiri bagi seorang petani.

Memiliki jiwa wirausaha melalui kegiatan usahataninya sendiri dapat menjadikan seorang petani memiliki nilai lebih dibandingkan sesama rekannya. Apalagi ditambah bila usaha yang dikelola tersebut dapat memberikan lapangan kerja baru bagi orang banyak.

Nah diposisi mana petani kita saat ini, tentunya hanya mereka yang tau jawabannya..

TULISAN TAUFIQ LAINNYA :

Facebook Comments

loading...