Kejari Solok Miliki “Rumah Rundiangan” Hibah dari Pemkab Solok

Kejari Solok Miliki “Rumah Rundiangan” Hibah dari Pemkab Solok
Arosuka, SuhaNews – Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok memiliki Rumah Restorative Justice “Rumah Rundiangan” yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok yang diresmikan, Rabu (29/6) di gedung promosi Salayo kecamatan Kubung.

Hadir dalam peresmian ini Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Yusron, SH, MH, Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar, Kepala Kejari Solok Feni Nila Sari, SH, MH, Sekretaris Daerah Medison S.Soi.M.Si, kepala OPD dilingkup Pemkab Solok, Camat dan Wali Nagari, Pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Kepala Kejari Solok Feni Nila Sari dalam laporannya menyampaikan bahwa Rumah Rundiangan ini merupakan kebanggan tersendiri bagi jajarn Kejari Solok dalam rangka menindak lanjuti perintah Jaksa Agung RI.

“Diharaplan dengan adanya Rumah Restorative Justice ini bisa meminimalisir perkara yang nanti akan di limpahkan ke pengadilan bahkan sampai ke Lembaga Pemasyarakatan,” ujar Feni.

Ia berharap, dengan adanya rumah rundingan ini perkara pidana yang dilakukan akan diselesaikan di luar pengadilan atau secara dialog.

“Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah memfasilitasi terbentuknya rumah restoratif justice ini,” ulasnya.

Disebutkannya, Pemerintah Kabupaten Solok memiliki semangat dan komitmen yang kuat pada seluruh kegiatan yang bertujuan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami juga berterimakasih kepada Bapak Bupati karena Pemerintah kabupaten solok juga telah menghibahkan tanah untuk membangun kantor kejaksaan di kabupaten Solok. Selain itu Kami juga mengharapkan kontribusi dari masyarakat untuk berkonsultasi di rumah restorative justice ini,” tutupnya.

Bupati Solok H. Epiyardi Asda mengawali sambutannya dengan ucapan selamat datang pada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat di ranah Solok Nan Indah.

BACA JUGA  FPM 2021 Sukses Terapkan Konsep Hybrid dan Prokes Ketat

“Alhamdulillah kami beserta Forkopimda di Kabupaten Solok ini bekerjasama dengan baik dalam menjalankan masing masing tupoksi yang bertujuan dapat melakukan sesuatu untuk Kabupaten Solok,” ujar Bupati.

Bupati juga menguvapkan terima kasih pada Kepala Kejati dan Kepala Kejari yang telah melibatkan Pemerintah Kabupaten Solok dalam menerapkan Instruksi Kejagung dalam mendirikan Rumah Rundingan / estorative justice ini.

“Harapannya masyarakat dapat memanfaatkan wadah ini untuk menambah pengetahuan tentang hukum dan mencari solusi terhadap permasalahan hukum yang dihadapi,” ulas Bupati.

Tak lupa Bupati menyampaikan, suatu kehormatan bagi Kabupaten Solok menjadi yang ketiga di Sumatera Barat dalam peresmian rumah rundingan / restorative justice di Sumatera Barat.

Disampaikan juga, bahwa Pemerintah Kabupaten Solok telah menghibahkan tanah untuk Kejaksaan sebagai tindak lanjut dari surat yang ajukan Kejari pada 2017 silam dan sangat berharap Kejari memiliki kantor sendiri di Kabupaten Solok.

Sementara itu Kepala Kejati Sumbar Yusron, SH, MH juga mengucapkan terima kasih pada Bupati Solok, jajaran dan masyarakat yang telah mendukung keberadaan rumah rundingan ini.

“Salah satu tujuan didirikannya rumah rundingan ini adalah dalam rangka mengefektifkan proses penegakan hukum dengan memperhatikan asas pradilan cepat maka dibentuklah Rumah Restoratif Justice oleh setiap satuan kerja tingkat Kejaksaan Negeri dan cabang Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia,” urai Yusron.

Yusron berharap rumah restoratif justice ini dapat menjadi rumah bagi aparat penegak hukum untuk mengaktualisasikan budaya luhur bangsa indonesia yaitu musyawarah untuk mufakat.

“Saya juga sangat mengapresiasi hubungan baik anatara pemerintah kabupaten Solok dengan Kejaksaan Negeri Solok.” jabarnya.

Menutup sambutannya, Yusron mengatakan dengan dibentuknya rumah rundiangan ini diharapkan bisa menjadi sarana sosialisasi dan implementasi program penyelesaian perkara melalui jalur musyawarah dan mufakat.

BACA JUGA  LMPUN Tingkat Sumatera Barat, Payakumbuh Pertahankan Gelar Juara

Acara peresmian ini ditutup dengan penandatanganan Prasasti Rumah Restoratif Justice oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat dan Bupati Solok serta Penandatangan Berita Acara Penghibahan Tanah Untuk pembangunan Kantor Kejaksaan Di kabupaten Solok.

Usai peresmian Rumah Rundiangan ini, Kepala Kejati Sumbar, Bupati Solok, kepala Kejari Solok dan rombongan meninjau lokasi tanah yang di hibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Solok kepada Kejaksaan Negeri Solok. Wewe.

Berita terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPemerintah Tetapkan Idul Adha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022
Artikulli tjetërJumsi Harmila, Guru MTsN 1 Bukittinggi Tandatangani Perjanjian Kerja