Kelompok Tani Mekar Jaya Inderapura Utara Lakukan Panen Raya Jagung

kelompok
Pesisir Selatan, SuhaNews – Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Pesisir Selatan, Nuzirwan melakukan panen raya jagung nusantara pada Kelompok Tani Mekar Jaya, Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Airpura, Rabu (29/9). 

“Ppanen raya jagung nusantara itu juga dizoom meetingkan dengan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia,” ujar Nuzirwan.

Baca juga: Petani Jagung Diharapkan Bisa Panen Tiga Kali Dalam Setahun

Panen raya yang dilakukan di lahan Kelompok Tani Mekar Jaya, Nagari Inderapura Utara, Kecamatan Airpura seluas 250 hektare.

Hasil ubinan didapatkan produktivitas jagung pipilan 10,856 ton per hektare.

“Mudah-mudahan produksi jagung di Kabupaten Pesisir Selatan dengan harga saat ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan bersinergi dengan visi dan misi Bupati Rusma Yul Anwar dan Wabup Rudi Hariyansyah,” katanya.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, jelas Nuzirwan, melakukan gerakan tanam jagung dalam mendukung swasembada pangan berkelanjutan di daerah ini.

“Untuk meningkatkan ekonomi keluarga, maka petani diminta tidak terpaku dengan satu komodoti saja seperti padi, tetapi juga mengembangkan komoditi lain salah satunya jagung. Soalnya, selain harga jagung sangat menjanjikan, tanaman jagung ini juga mudah dirawat dan rendah biaya produksi,” sebutnya.

Jagung, jelas Nuzirwan, bisa menjadi alternatif pada lahan tidur, terutama bekas sawah tadah hujan yang sudah mengalami kekeringan. (*)

Baca juga: Rumah Bibit Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Inderapura Utara Mulai Dimanfaatkan

Facebook Comments

BACA JUGA  Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Kunjungi Puncak Pato Tanah Datar
loading...
Artikel sebelumyaSiswa SMPN 5 Lembang Jaya Ikuti Vaksinasi Covid-19
Artikel berikutnyaPolsek Luak Sosialisasikan Vaksin Covid-19 di MTsN 4 Limapuluh Kota