Kembali, Siswa MAN 1 Solok PK jadi Yang Terbaik dalam Wisuda Tahfiz Kemenag

Kembali, Siswa MAN 1 Solok PK jadi Yang Terbaik dalam Wisuda Tahfiz Kemenag
Koto Baru, SuhaNews – Pada wisuda tahfiz 1000 siswa madrasah se Kabupaten Solok di Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru, Kamis (4/8), kembali siswa MAN 1 Solok Plus Keterampilan jadi yang terbaik.

Midvi Rahmatillah, siswi kelas X ini menjadi yang terbanyak hafalannya diantara 1.035 wisudawatan dari tingkat Ibtidaiyah hingga Aliyah.

Pada acara yang digelar oleh Kantor Kemenag Kabupaten Solok ini, MAN 1 Solok mengikutsertakan 121 siswa-siswinya dengan jumlah hafalan bervariasi dari 1 juz sampai 17 juz.

Kepala MAN 1 Solok Syukrizal yang ditemui disela acara menyebutkan bahwa wisuda tahfiuz tahun ini salah satu siswa MAN 1 Solok menjadi yang terbanyak hafalannya. Dijelaskannya, siswa-siswi tersebut telah memulai menghafal jauh sebelum masuk ke madrasah yang dipimpinnnya.

“Namun demikian di MAN 1 Solok Plus Keterampilan, tahfizh tetap menjadi salah satu program unggulan. Untuk siswa yang telah memulai menghafal sebelumnya dilanjutkan dan ditingkatkan hafalan, sedangkan yang masih pemula tetap dibimbing agar kelak saat tamat dari MAN 1 Solok mereka sdauh menjadi hafizh dan hafizah,” urai Syukrizal.

Untuk tingkat MTs, peserta dengan hafalan tertinggi adalah Kifayatus Sa’adiah Taufik, siswi MTs TI Paninggahan yang sudah menghafal 7 juz Al Qur’an

Sedangkan tingkat Ibtidaiyah, Latifah Zahra, siswi MIN 1 Solok mencatatkan namanya sebagai yang terbanyak hafalannya yakni 4 Juz Al Qur’an.

Pada wisuda yang dihadiri oleh Bupati Solok Epiyardi Asda ini 1.035 siswa madrasah negeri dan swasta se Kabupaten Solok mengikuti prosesi ini, dengan rincian 124 orang siswa Madrasah Ibtidiyah, 627 orang siswa Madrasah Tsanawaiyah, dan 284 orang siswa Madrasah Aliyah.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli mengatakan bahwa kegiatan ini digelar sebagai wujud dari menyukseskan program 15.000 Hafizh dan Hafizah di Ranah Minang yang digagas oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar.

BACA JUGA  Covid-19 Kab Solok: 3 Terkonfirmasi, 17 Konfirmasi Sembuh

“Alhamdulillah kita memiliki peserta 1.035 siswa, ini belum termasuk siswa sekolah umum dibawah binaan guru Pendidikan Agama Islam,” kata Zulkifli.

Zulkifli berharap gerakan yang digagas Kakanwil Dr. H. Helmi, M.Ag ini sukses dan Kabupaten Solok bagian dari kesuksesan tersebut. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakASEAN Para Games: Meliana, Atlet Renang Asal Sijunjung Raih Medali Emas
Artikulli tjetërLiga Santri Sumbar 2022, Pasaman Tergabung di Grup A