Kembalikan Tupoksi Tokoh Adat, Kota Pariaman Gelar Sosialisasi kepada Kapalo Mudo

adat
Pariaman, SuhaNews – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman dan Kecamatan Pariaman Selatan menggelar sosialisasi tugas pokok dan fungsi tokoh adat seperti Kapalo Mudo dan Urang Tuo, Selasa (22/6) di aula Kantor Camat Pariaman Selatan.

“Kita ingin  mengembalikan perann dan fungsi adat,” Plt. Kepala DPMDes, Adi Junaidi, didampingi Camat Pariaman Selatan Suryadi.

Plt. Kepala DPMDes, Adi Junaidi mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk lebih menekankan kembali dan mengembalikan tugas pokok dan fungsi “Kapalo Mudo” dan “Urang Tuo” di dalam lingkungan masyarakat Kota Pariaman, khususnya Kecamatan Pariaman Selatan.

Baca juga: Bertemu Ninik Mamak 2 Nagari, Gubernur Dukung Jalan Kambang-Muara Labuh

“Kapalo Mudo dan Urang Tuo dalam suatu daerah sangat berperan penting juga dalam menciptakan hubungan kekerabatan suatu kaum dan suku, serta mampu sebagai penetralisir dan tempat menyelesaikan persoalan sengketa adat dalam daerahnya,”  tambah Adi Junaidi.

Keberadaan “Kapalo Mudo” dan “Urang Tuo” di tengah-tengah kehidupan masyarakat, jelas Adi Junaidi,  tidak hanya sebagai formalitas saja, namun mampu mewujudkan pembentukan mamak kepala waris dalam suku yang ada di desanya masing-masing sebagai tanggung jawab moril terhadap sanak kemenekannya.

Sosialisasi menghadirkan narasumber yaitu Mak Katik, dan H. Syamsul Bahri Khatib. (*/We)

Baca juga: Temui Gubernur,Ninik Mamak dan Bupati Sampaikan Aspirasi Jalan Kambang-Muara Labuah

Facebook Comments

BACA JUGA  15 dari 17 Pasien Positif Covid-19 di Agam Sembuh
loading...
Artikel sebelumya2 Madrasah di Bukittinggi gelar Lokakarya Tingkatkan Kompetensi Pendidik
Artikel berikutnyaKemenag Bukittinggi Libatkan Guru Madrasah Sosialisasikan KMA 660/2021