Kemenag Kota Bukittinggi Gelar Tahsin Al-Qur’an Setiap Jumat Pagi

kota
Bukittinggi, SuhaNews — Dalam rangka upaya untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an agar sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid, Jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, yang dipimpin langsung Kakan Kemenag, H. Eri Iswandi mengelar Tahsin Al-Qur’an setiap Jumat Pagi.

Jum’at (24/06) bertempat di Aula Kemenag setempat Zulfabriandi JFU Bimas Islam dan Efrizon JFU Seksi PAIS yang merupakan Qari Kota Bukittinggi memberikan bimbingan tahsin kepada jajaran Kementerian Agama Kota Bukittinggi dengan menyimak dan memperbaiki bacaan Al-Qur’an yang dilantunkan masing-masing.

Keutamaan belajar Alquran banyak disebutkan dalam hadits Nabi SAW. Membaca Alquran merupakan amalan ibadah mulia yang mempunyai berbagai keistimewaan. Karena itu, selain wajib bagi tiap muslim, seluruh ASN Kemenag Kota Bukittinggi bersemangat untuk memperdalam ilmu baca Alquran agar bisa membacanya dengan baik dan benar.

Salah satu keutamaan nya yaitu, memperoleh pahala dari setiap huruf yang dibaca.

Sebagaimana hadits Rasulullah SAW: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan “Alif lam mim” itu satu huruf, tetapi “Alif” itu satu huruf, “Lam” itu satu huruf dan “Mim” itu satu huruf” (HR. At-Tirmidzi). Hal ini seperti yang sering disampaikan Kakan Kemenag Kota Bukittinggi di beberapa kesempatan.

H. Eri Iswandi menyebutkan, kegiatan Tahsin Al-Qur’an bagi ASN dilingkungan Kemenag Kota Bukittinggi bertujuan untuk memperdalam ilmu tajwid serta menciptakan ketenangan jiwa dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai ASN Kemenag.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan setiap Jum’at pagi sebelum memulai pekerjaan. Selain memperoleh pahala, ASN menerima ilmu dari pemandu, sehingga mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan enak didengar”, terangnya. (Syafrial)

BACA JUGA  Padang Panjang PPKM Level 3, Masyrakat Diminta Jangan Lengah

Baca juga:

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakGubernur Sambut Tawaran Bangun Replika Al-Aqsa di Sumbar
Artikulli tjetërKelurahan Parak Laweh Pulau Aia Nan XX Resmi Dinilai Tim Tingkat Provinsi