Kemenparekraf RI Undang Desa Apar Terima Anugerah Desa Wisata Indonesia

apar
Pariaman, SuhaNews – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengiundang Desa Wisata Apar, Kota Pariaman dalam Penganugerahan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, Selasa, 7 Desember 2021, pukul 15.00 s.d. 21.00 WIB di Ciputra Artpreneur, Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 3-5 Ciputra World 1, Setiabudi Jakarta Selatan untuk menerima penghargaan. 

Adapun tema dari Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 adalah “Indonesia Bangkit”. Dengan mengangkat 7 (Tujuh) kategori penilaian antara lain penerapan CHSE, desa digital, souvenir (kuliner, fesyen, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay dan toilet.

aparTerdaftar 1.831 peserta Desa Wisata yang kemudian diseleksi menjadi 300 besar, lalu 100 besar dan 50 besar desa wisata oleh Tim Kurator dan Dewan Juri ADWI 2021.

Desa Wisata Apar adalah salah satu desa wisata yang ada di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat dengan konsep alam budaya dan kearifan lokal.

Desa Wisata ini menyajikan berbagai macam destinasi seperti hutan mangrove yang dilengkapi dengan tracking mangrove yang bisa memanjakan mata pengunjung untuk menikmati hutan mangrove dan dilengkapi dengan gazebo-gasebo serta menara pandang.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat berbagai macam jenis-jenis mangrove dan makhluk hidup yang ada di dalam kawasan wisata apar.

Desa Wisata Apar juga memiliki hamparan pantai yang bersih dan biru serta memiliki sunset yang indah. Selain pantai, desa wisata apar juga ada konservasi penyu yang mempunyai daya tarik unik dengan mengangkat kearifan lokal yaitu aktraksi beruk memetik kelapa di “Sekolah Tinggi Ilmu Beruk”,

Wisatawan bisa menikmati si beruk memetik buah kelapa tua dan muda, yang uniknya si beruk setelah menjatuhkan kelapa muda lansung memberikan ke wisatawan dan wisatawan bisa menikmati kelapa muda segar lansung dari pohonnya.

BACA JUGA  Kebakaran di Tabek Patah, Rumah Kayu Ludes Dilalap Api

Desa Wisata Apar juga memiliki aktraksi kano untuk menelusuri hutan mangrove, serta memberdayakan masyarakat dengan mengolah buah mangrove menjadi minuman dan makanan.

aparDengan potensi tersebut membuat Desa Wisata Apar masuk dalam Penilaian 50 Besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) Tahun 2021 oleh

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 kepada Desa Wisata Apar adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap desa wisata dan penghargaan kepada 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021 yang telah divisitasi dan dinilai oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beserta Dewan Juri yang diterima langsung oleh Kepala Daerah dalam hal ini Walikota Pariaman Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si bersama pengelola wisata Desa Apar. (*)

Baca juga: Desa Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang Terima Bantuan Kemenparekraf

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaLiga Champions: Ditekuk Liverpool 1-2, AC Milan Gagal ke 16 Besar
Artikel berikutnyaTanah Datar Berada di PPKM Level 1