Kepala SD dan SMP Padang Pariaman Ikuti Workshop Jurnalistik

padang
Parik Malintang, SuhaNews – Forum Biro Padek Grup bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman menggelar Workshop Jurnalistik dan Kehumasan bagi Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (16/12) bertempat di Hall IKK (Ibukota Kabupaten) Nagari Parik Malintang.

Kegiatan workshop yang mengusung tema “Penguatan informasi untuk mewujudkan Generasi Berjaya ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE MM didampingi Wakil Bupati Drs. Rahmang, MM.

Baca juga: Pertamina Foundation Hadirkan Maudy Ayunda dalam Webinar PFMuda,

“Ilmu jurnalistik dan kehumasan perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan,” ujar Bupati Suhatri Bur.

Kegiatan jurnalistik, jelas Suhatri Bur, bertujuan untuk menggairahkan budaya literasi di sekolah dan ilmu kehumasan bertujuan untuk memperkuat hubungan komunikasi antara sekoah dengan pihak terkait dalam menjalin kemitraan.

“Keterbukaan informasi sangat penting dilakukan saat ini, seiring terbitnya Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” jelas Bupati.

“Salinlah semua ilmu yang dipaparkan oleh narasumber nantinya, karena ilmu Kehumasan dan komunikasi yang baik, sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekolah,” tambah Suhatri Bur.

Kepala Sekolah selaku pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi pada satuan pendidikan, jelas Bupati, akan dikenal dan diketahui oleh orang banyak.

Begitu juga dengan rekan media sebagai kontrol sosial, berikan informasi yang benar dan jelas. Karena, peran media sangat penting dalam mempublikasi dan menyebarluaskan kegiatan sekolah”, jelas Suhatri Bur.

Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman baru saja meraih penghargaan Smart City dalam kategori smart branding. Prestasi yang dicapai itu, terkait penerapan sistem informasi dan digitalisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik.

“Dengan tersedianya fasilitas internet di sekolah, diharapkan agar sekolah membuka wadah atau sarana digitalisasi untuk pembelajaran,” harap Suhatri Bur.

BACA JUGA  Ok Oce Madani Sumatera Barat Bantu Korban Bencana di Padang Pariaman

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman Drs. Anwar, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Forum Biro Padek Grup yang telah menyelenggarakan workshop ini.

padang
Anwar

“Kegiatan Jurnalistik dan Kehumasan merupakan kegiatan yang berperan penting dalam menyukseskan dan meningkatkan mutu pendidikan ke depan,” jelas Anwar. 

Para guru dan kepala sekolah, jelas Anwar, tidak perlu takut untuk bermitra dengan media, karena merupakan keuntungan jika dekat dengan media. Salah satunya adalah, untuk mempromosikan dan mengenalkan kegiatan yang telah dilakukan di sekolah.

Ketua Forum Biro Padek Group Efanurza mengatakan bahwa kegiatan workshop jurnalistik dan kehumasan bagi kepala sekolah ini, sudah yang kedua kalinya digelar oleh Forum Biro Padek Gorup.

Pada tahun 2017, dengan peserta Kepala SD di Padang Pariaman. Pada saat itu, diikuti oleh hampir seluruh SD di Kabupaten Padang Pariaman dan terlihat peserta sangat proaktif dalam diskusi. Sehingga pada kesempatan ini, pesertanya dari guru dan kepala SD dan SMP se-Kabupaten Padang Pariaman.

Bertindak sebagai narasumber yakni Wartawan Utama dari harian Padang Ekspres Sukri Umar, S.Pt,M.Si. dengan materi Jurnalistik dan Kemampuan Menulis dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman, S.Sos. MM, yang juga selaku PPID utama, dengan materi tentang Sistem Informasi dan Pengelolaan website Sekolah. (*)

Baca juga: Anugerah Jurnalistik KAI 2021 Diumumkan, 6 Karya Terbaik Jadi Pemenang

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaWiME Lakukan Pemberdayaan untuk Warga Tambang Skala Kecil di Sawahlunto
Artikel berikutnyaLiga Italia: Inter Milan Mengamuk, Cukur Salernitana 5 Gol