Kesulitan Air Bersih, Masyarakat Sawah Kandang Batu Palano Selayo Gali Sumber Air

bersih
SuhaNews–  Masyarakaat Korong Sawah Kadang, Jorong Batu Palano, Nagari Selayo, kecamatan kubung, Kabupaten Solok, gali sumber air bersih baru  karena kesulitan Air bersih, Rabu (17/11). 

Masyarakat korong sawah Kandang sudah memiliki satu sumber air bersih yang sudah di alirkan ke rumah -rumah melalui slang dari bak penampungan yang sudah di buat warga secara swadaya sekira 15 tahun lalu.

“Namun satu pekan terakhir volume air semakin menipis selain itu juga pipa dari sumber air ke bak penampungan sudah banyak yang rusak membuat air tidak sampai ke bak penampungan, sehingga tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan air untuk 20 KK dan 1 mushala,1 tempat belajar mengaji yang ada di korong sawah kadang, akibat dari itu sebahagian besar dari warga korong sawah kandang untuk mandi, mencuci dan kebutuhan air minum harus menempuh jarak 6 kilo ke sumber air lain untuk memenuhi semuanya” Jelasnya.

Baca juga : Motivasi Murid Baru, Jorong Batu Palano Kolaborasikan 2 Perguruan Silek

Dt Rajo Alam selaku penggerak kegiatan penggalian sumber air baru ini kepada SuhaNews menjelaskan bahwa, sebelum digali sudah di ketahui adanya sumber air kawasan persawahan tersebut , dengan melihat tanda-tanda alam, dari beberapa kali pemantauan mak Dt Rajo alam sudah yakin ada sumber air.

Setelah melakukan negosiasi dengan pemilik lahan, akhirnya memperbolehkan untuk di gali, dengan perjanjian setelah di benam bak penampungan dan di alirkan ke bak penampungan utama,akan kembali di tutup dan di olah lagi sebagaimana biasanya .

“Semoga nanti dapat menambah daya tekan air ke bak penampungan sehingga dapat mengalir ke Mushola,tempat mengaji dan rumah -rumah warga dan kebutuhan air bersih kita kembali lancar ” Tegas Mak Datuak

BACA JUGA  Semangat Berteknologi di Tanjung Balit, MTsN 7 Solok Gelar Try Out Berbasis Android

Di akhir pembicaraan mak DT Rajo Alam sangat berterimakasih kepada masyarakat dan donatur yang telah membantu proses pembangunan bak sumber air untuk menambah volume air ke bak utama sehingga nanti masyarakat korong sawah Kandang kembali bisa menikmati air bersih.

Baca juga: 5 Duta Batu Palano Torehkan Prestasi pada MTQ tingkat Nagari Selayo

Selain itu Mak Dt Rajo Alam dan masyarakat korong sawah Kandang juga berharap kepada pemerintah terkait dan donatur untuk sedikit bisa membatu pengadaan pipa penggati yang rusak dan tadmont untuk membuat bak cadangan di beberapa titik untuk keseimbangan kesedian air bersih , untuk informasi lebih lanjut Hub 081363290847 , Tutup mak datuak.

Di hubungi terpisah Okta Mulyadi selaku kepala jorong batu palano Nagari Selayo menyampaikan apresiasinya kepada Penggerak dan masyarakat korong sawah Kandang yang telah berinisiatif untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada.

” Terimakasih dan saya selaku kepala jorong batu palano sudah berkoordinasi dengan pemerintah terkait untuk mengupayakan bantuan dari masalah yang kita hadapi ” Tegas pak jorong .

Baca juga: Mikbar Tekukur Solok se-Sumatera Barat di Adakan di Batu Palano, Nagari Selayo

 

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaMTQN 39 Sumbar, Tanah Datar Masih Optimis Menjadi yang Terbaik
Artikel berikutnyaDPRD Kabupaten Solok: Eksekutif Dituntut Cerdas dan Kreatif