Ketua Panwascam Pantai Cermin Diberhentikan Bawaslu Kab. Solok

Ketua Panwascam Pantai Cermin Diberhentikan Bawaslu Kab. Solok
Solok, SuhaNews. Terbukti melakukan pelanggaran kode etik, Jendra Efendi, Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pantai Cermin diberhentikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kab. Solok.
Keputusan Pemberhentian Ketua Panwascam Pantai Cermin ini, diambil oleh Bawaslu Kab. Solok melalui sidang pleno, Selasa (24/11) lalu.
Rapat pleno memutuskan Jendra Efendi diberhentikan secara tetap dari jabatan ketua Panwascam sekaligus sebagai anggota Panwascam. Keputusan sebagai sanksi atas pelanggaran yang dilakukannya.

Ketua Bawaslu Kab. Solok, Afri Memori kepada media menyebutkan, setelah pemberlakukan keputusan ini akan dilakukan penggantian antar waktu (PAW). Proses PAW diharapkan selesai dalam waktu tiga hari sejak keputusan tersebut dikeluarkan.

“Besok kami panggil calon PAW anggota. Kemudian ketiga Panwascam akan melakukan pleno untuk menentukan ketua,” ujar Afrimemori.

Bejalar dari kasus Panwascam ini Pantai Cermin ini, Afri Memori meminta semua anggita Panwas untuk mengedepankan integritas dalam melaksanakan tugas pengawasan pada seluru tahapan Pemilu.

“Ini harga mati sebagai penyelenggara, jangan sekali-kali terafiliasi dengan peserta pemilihan ataupun tim pemilihan pemenangan dari salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ikut Pilkada,” tegasnya.

Pemberhentian Jendra Efendi sebagai Ketua Panwascam, setelah beredarnya rekaman percakapan verdurasi 5 menit. Ia mengajak salah seorang kepala jorong untuk membantu salah satu kandidat peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Solok.

Saat dilakukan klarifikasi, ia mengaku ditunjuk oleh tim sukses salah satu pasangan untuk melakukan kampanye senyap bagi pasangan tersebut.

Mendapat laporan dan bukti ini, Bawaslu langsung melakukan menelusuri kebenarannya, serta meminta keterangan dari berbagai pihak terkait termasuk Jendra Efendi sendiri.

Hasil inilah yang kemudian dibahas dalam pleno untuk menjadi bahan pengambilan keputusan. *|Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...