Khidmatnya Peringatan Hari Bela Negara di Balai Kota Bukittinggi

Khidmatnya Peringatan Hari Bela Negara di Balai Kota Bukittinggi
Bukittinggi, SuhaNews. Hari Bela Negara ke 71 dan Hari Ibu ke 91 tahun 2019 diperingati dengan Upacara di Bukittinggi pada Kamis (19/12) di Halaman Balaikota Bukittinggi. Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias bertindak selaku Inspektur Upacara.

Dalam kesempatan itu, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias membacakan Sambutan Presiden RI terkait Peringatan Hari Bela Negara ke 71. Presiden RI mengatakan, dewasa ini tantangan yang dihadapi bangsa dan Negara semakin hari semakin berat dan beragam bentuk nya. Tidak hanya perang militer tapi juga peperangan menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Dengan demikian tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Tanpa sikap dan perilaku bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela Negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga Negara yang dijamin oleh undang-undang.

Kedepannya, kita semua mengharapkan agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif dan massif, dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya.

Sementara terkait Peringatan Hari Ibu ke 91, Walikota Bukittinggi membacakan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI mengatakan, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang harus sadar bahwa mereka memiliki akses dan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk memperoleh Sumber Daya.

BACA JUGA  Solok Expo Kembali Digelar Sambut HUT Kab. Solok ke 107

Seperti akses terhadap ekonomi, politik, sosial dsb. Begitu juga pengasuhan dalam keluarga, peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan dalam pengasuhan anak tidak hanya orang tua namun perlu didukung oleh semua pihak.

Peringatan hari ibu diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Dan pada akhirnya memberikan keyakinan besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak dan sekaligus agen perubahan.

Upacara peringatan Hari Bela Negara ke 71 dan Peringatan Hari Ibu ke 91 tersebut diikuti oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, Perwakilan siswa, Mahasiswa, Pekerja Sosial Masyarakat, Kepolisian, TNI, Satpol PP dan ASN di Lingkungan Pemko Bukittinggi.

reporter : Yal  editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...