Khoirul Amani: Humas Adalah Sosok Pintar dan Enerjik

Khoirul Amani: Humas Adalah Sosok Pintar dan Enerjik
SuhaNews – Menutup pelatihan Fotografi dan Videografi bagi 30 Humas Kementerian Agama di Sumbar dan Jambi, Sabtu (28/5) lalu, Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang, Khoirul Amani menyebut, jika sosok Humas adalah orang yang pintar dan enerjik.

Kepala BDK Padang; Humas Harus Profesional Dalam Berita dan Gambar

“Orang yang ditugaskan di bagian Humas adalah sosok pintar yang memahami seluk beluk lembaga dan kedionas dan enerjik karena tingginya mobilitas dalam menjalan tugas,” ujar Khoirul memberi semangat.

Koirul menjelaskan, tugas Humas bukan hanya memberikan apa yang dilakukan pimpinan dan kegiatan yang dijalankan oleh lembaga, lebih dari itu, juga berperan mengemas bagaimana impelementasi program ini menjadi menarik di media sehingga  timbul minat masyarakat untuk membaca.

“Apabila masyarakat telah membaca apa yang disampaikan di media, dengan sendirinya ada kedekatan lembaga dengan masyarakat, sehingga program-program yang dijalankan lebih mudah disampaikan dan diterima. Makanya perlu sosok yang pintar yang bisa memahami kebutuhan masyarakat dan keinginan dari pimpinan atau lembaga,” ulasnya.

Lebih lanjut sosok murah senyum kelahiran, Huraba Sumatera Utara 14 Desember 1964 ini mengajak Humas menjadi orang yang terdepan dalam teknologi. Karena ini akan menunjang pelaksanaan tugas dilapangan. “Baik itu sebagai penguat referensi tugas maupun sebagai media dalam menjalan tugas,” sebutnya.

Khoirul Amani: Humas Adalah Sosok Pintar dan Enerjik 1

Khoirul juga bercerita pengalamannya yang juga pernah menjalankan tugas Humas, selain sebagai penyampai pesan pemerintah, humas lembaga pemerintah juga berfungsi memberikan jawaban dan klarifikasi atas adanya pemberitaan negatif dari sebuah lembaga.

“Tidak dapat dipungkiri, dalam waktu berjalan akan ada isu negatif maupun berita miring yang menyudutkan lembaga, disini Humas berperan bagaimana mengakomodir pemberitaan ini sehingga kabar yang beredar ditengah masyarakat dapat kita luruskan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya,” jabar Khoirul.

BACA JUGA  Meriahnya Lomba Duet Lagu Minang Peringatan HAB ke 77 di Kemenag Kab. Solok

Khoirul yang mengawali karirnya sebagai guru Aliyah di Sumatera Utara ini mengajak para pengelola Humas untuk selalu update informasi dan teknologi, sebagaimana yang dilakukan oleh BDK Padang dengan menggekar pelatihan fotografi dan videografi ini.

“Salah satu tujuannya ada;ah pengelola humas di Kementerian Agama dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk berita yang ditunjang oleh foto yang berkualitas dan video yang bermutu. Karena foto dan video merupakan salah satu kunci diterimanya berita dengan baik oleh masyarakat,” ulasnya.

Khoirul Amani: Humas Adalah Sosok Pintar dan Enerjik 2

Menutup sambutannya, Koirul mengatakan setelah ini BDK Padang mengagendakan pelatihan dan pendidikan Kehumasan dengan materi yang berbeda, agar kinerja Humas di Kementerian Agama semakin berkualitas dan sejajar dengan Humas lembaga lain yang mendapat tempat di media dan masyarakat.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama enam hari ini, BDK Padang juga mendatangkan narasumber dari TVRI Padang yang mengupas tentang teknik pengambilan foto dan video serta penyusunan naskah berita. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakHUT Apeksi: Walikota Solok Ikuti Sepeda Santai di Bandar Lampung
Artikulli tjetërBenny Utama Buka Manasik Haji 133 Jamaah asal Kabupaten Pasaman