KKN Dikampung Sendiri, Mahasiswa UIN IB di Sulit Air Ikut Sukseskan Kampus Nagari

Sulit Air, SuhaNews. Melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dikampung sendiri tak membuat mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang asal Sulit Air terbatas kegiatannya. Dihari ketiga belas, Senin (3/8), para peserta KKN mensukseskan Kegiatan Launching Kampus Nagari melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan kuliah kerja nyata ( KKN ) Mahasiswa tahun ini sedikit agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya setelah pandemi covid ini mewabah kegiatan KKN yang semulanya disebar ke pelosok-pelosok nagari dialihkan menjadi kegiatan KKN kembali mengabdi kekampung sendiri.

Tak jauh berbeda dengan mahasiswa KKN UIN Imam Bonjol Padang yang berada di nagari Sulit Air, yang mana semua anggotanya merupakan anak nagari itu sendiri.

Melihat situasi dan kondisi saat ini, dimana segala sistem pendidikan dan pembelajran dialihkan menjadi sistem daring. Oleh karena itu muncullah salah satu program kerja yang ditawarkan mahasiswa ini kepada nagari yaitu ikut serta dalam pengembangan dan pengelolaan perpustakaan nagari sulit air. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintahan nagari dan pengurus perpustakaan nagari pun merespon dengan baik.

Hj. Alex Suryani selaku wali nagari sulit air memberikan respon positif dengan adanya hal demikian. Hal tersebut diaplikasikannya dengan cara menjadikan perpustakaan nagari menjadi pusat kampus nagari tempat pembelajaran secara daring. Yang mana kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan Kementerian desa pusat beserta Universitas Andalas Negeri Padang.

Kegiatan Launching Kampus Nagari tersebut diresmikan pula secara daring melalui Aplikasi Zoom, yang mana para partisipasinya berjumlah kurang lebih dua ratus orang yang terdiri dari para mahasiswa, staf kementerian desa, Rektor UNAND, beserta anggota DPRD se Sumatera barat.

Darfinalti, S.Pd, selaku kepala perpustakaan nagari sulit air berharap setelah ditetapkannya perpustakaan nagari sebagai pusat kampus nagari tempat pembelajaran secara daring ini, para pelajar dan mahasiswa yang terdampak wabah covid ini dapat belajar di perpustakaan nagari yang telah disubsidi dengan penyediaan WiFi gratis dari nagari.

Dengan adanya kampus nagari ini beliau berharap meningkatnya minat baca anak nagari keperpustakaan, mencetak anak nagari yang berwawasan luas dan tetap menuntut ilmu apapun keadaannya. Bukan hanya untuk para pelajar juga beliau berharap sangat masyarakat ikut andil dalam meningkatkan mutu pendidikan di nagari Sulit Air.

reporter : Isra editor  : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...