Kol (Sus) H.Muttaqin, Perwira TNI AU Ketua IKA MTsN Koto Baru Solok

SuhaNews – Dibalik sosok ramah dan murah senyum ini, tak banyak yang tahu kalau H. Muttaqin adalah Perwira TNI Angkatan Udara dengan pangkat Kolonel yang menyandang gelar Magister Agama, sehingga H. Muttaqin yang kini dipercaya menjabat Ketua Ikatan Alumni MTsN Koto Baru Solok juga dikenal sebagai Buya.

Kesan ini SuhaNews temukan saat memulai perbincangan jelang dihelatnya Reuni Akbar dan Halal bi Halal Alumni MTsN Koto Baru ke III, Sabtu (13/4) di MTsN 2 Solok yang berlokasi di Guguak Panjang.

Kol (Sus) H.Muttaqin, Perwira TNI AU Ketua IKA MTsN Koto Baru Solok 1
Kolonel H. Muttaqin dalam suatu kesempatan bersama pejabat lainnya.

Perawakan dan tutur katanya mirip dengan sang Ayah, alm. Drs. H. Rusdi Nurdin, purnawirawan Polisi yang hingga akhir hayatnya mengabdikan diri bagi kemajuan pendidikan di Solok, diantaranya menjadi dosen di UMMY Solok dan yang fondamental adalah Buya Polisi inisiator berdirinya Fakultas Dakwah / STAI Solok Nan Indah pasca ditiadakannya Fakultas Dakwah IAIN Imam Bonjol Padang Lokal Jauh Solok.

Mewarisi kecintaan sang Ayah pada pendidikan, yang banyak mahasiswanya telah sukses di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta Kolonel H. Muttaqin, M.Ag, mengabdikan diri membangun dunia pendidikan khususnya madrasah dengan berkecimpung di Ikatan Alumni MTsN Koto Baru yang kini telah berganti nama menjadi MTsN 2 Solok.

“Meski nama almamater kita telah berganti, namun kecintaan tak pernah pudar, kini saatnya kita bantu sesama alumni maupun madrasah yang menjadi bagian dari sejarah hidup kita serta adik-adik para siswa yang tengah menempuh pendidikan untuk masa depan mereka,” ujar Perwira yang memulai karir sebagai Prajurit tahun 1996 dengan pangkat Letnan Dua (Letda).

H. Muttaqin, Perwira yang kini menyandang pangkat Kolonel sejak tahun 2020 lalu pernah dipercaya mengikuti Seminar Internasional di Istanbul Turki serta berbagai pendidikan di lingkungan TNI Angkatan Udara, tidak melupakan madrasah dan perguruan tinggi agama Islam sebagai pembentuk karakternya hingga karirnya sampai seperti sekarang, Muttaqin dengan bangga menyematkan Magister Agama dibelakang namanya, sebuah hal yang tak banyak terjadi dilingkungan TNI.

BACA JUGA  Dibalik Sukses Gelaran SCC 2019, UKS Ibnu Sina MAN 1 Solok Ikut Berperan

Ilmu yang didapat selama pendidikan ditambah berinteraksi dengan banyak tokoh agama, membuat pemilik empat tanda jasa dan dua bintang pernghargaan ini berkeinginan mengembangkan Ekonomi Syariah dikalangan alumni dengan membantuk Baitul Mal atau koperasi. Harapannya, alumni yang telah mapan dan sukses berkontribusi membantu alumni lain untuk tumbuh dan berkembang dalam usaha dengan suntikan modal melalui BMT atau koperasi tersebut.

Tak sampai disitu, suami dari Dr. Upik Mutiara, SH, MH (Dosen Pasca Sarjana UMT) ini juga bercita-cita mendirikan yayasan IKA MTsN Koto Baru yang begerak dibidang pendidikan, salah satunya mendirikan madrasah swasta untuk mengakomodir tingginya minat calon siswa mendaftar setiap tahunnya yang jauh melebihi daya tampung.

“Ada dua motivasi untuk mendirikan yayasan ini, pertama untuk menampung calon siswa baru yang tidak tertampung oleh MTsN 2 Solok setiap tahunnya yang jumlah peminat mencapai tiga kali daya tampung, kedua memberikan kesempatan pada alumni yang pendidikan akhirnya profesi guru namun belum diangkat sebagai PNS ataupun PPPK,” urai Perwira yang dalam jenjang karirnya menduduki berbagai jabatan Sus / Bintal di TNI AU dan sekarang menjabat Kasubdisbinroh Disbintalidau.

H. Muttaqin yang juga alumni Seskoau dan beragam kursus di lingkungan TNI ini juga mengajak para alumni MTsN Koto Baru, agar berkumpul pada reuni ini tidak sebatas melepas rindu dan mengenang bangku sekolah, akan tetapi ada kontribusi positif bagi kemajuan madrasah, baik secara fisik maupun spirit positif untuk pengembangan prestasi akademik maupun prestasi diberbagai bidang yang berpeluang digapai oleh siswa dan guru maupun madrasah.

Pengalaman bertugas di beberapa bandara di Indonesia seperti Bandara Ngurah Rai Bali, membuat H. Muttaqin semakin yakin bahwa lulusan madrasah berkesempatan merintis karir dilingkungan TNI. Karena secara kualitas tidak kalah dengan lulusan sekolah umum bahkan lebih dari segi pengetahuan dan pemahaman ilmu agama.

BACA JUGA  Tutup Semester Ganjil, MTsN 3 Solok Panen Prestasi.

Motivasi itulah yang membuat H. Muttaqin terus memperdalam ilmunya dengan menempuh pendidikan Strata Tiga dan tengah menyelesaikan disertasi Doktoral bidang Pendidikan Islam, salah satu harapannya kelak jika telah purnabhakti dari Angkatan Udara, H. Muttaqin ingin mendidikasikan dirinya untuk kemajuan pendidikan Islam seperti sang ayah Alm. H. Rusdi Nurdin setelah menjadi purnawiran Polri menyibukan diri memajukan STAI Solok Nan Indah.

Kol (Sus) H.Muttaqin, Perwira TNI AU Ketua IKA MTsN Koto Baru Solok 2
Kol. H. Muttaqin, M.Ag selaku Ketua IKA MTsN Koto Baru didampingi Prof. Dr. H. Masri Mansur, M,.Ag dan Zulhelmi, S.Ag menyerahkan sumbangan IKA kepada kepala MTsN 2 Solok (MTsN KotoBaru) pada reuni akbar di Koto Baru, Sabtu 13 April 2024.

Perwira yang juga aktif berdakwah sebagai mubaligh hingga menjadi Khatib ini telah membuktikan bahwa lulusan madrasah tak pernah dinomor duakan dalam karir di lembaga pemerintah maupun TNI / Polri. Untuk itu ia mengajak masyarakat agar tak lagi merasa rendah diri menyerahkan anaknya belajar di madrasah, sebagai bekal memperdalam ilmu agama untuk pegangan masa depan.

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -