Komisi II DPRD Bukitinggi Study Tiru Ke Kampung Perak, Pariaman

tiru
Pariaman – Komisi II DPRD bersama Dinas Koperasi dan UMKM Perdagangan dari Kota Bukitinggi lakukan studi tiru ke Kota Pariaman, Senin (8/11).

Kedatangan  mereka disambut oleh Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Alyendra di kampung makanan ringan di kelurahan Kampung Perak, kecamatan Pariaman Tengah, kota Pariaman.

Baca juga: PKK Nagari Panyakalan Studi Tiru Usaha Perikanan ke Suliki 50 Kota

“Sttudi tiru ini merupakan kegiatan pokir dari komisi II DPRD Bukitinggi, untuk memotivasi para pelaku UMKM yang ada di Bukitinggi,” ujar Alyendra.

Kampung perak merupakan pusat kuliner makanan ringan yang ada di Kota Pariaman, dan mereka para pelaku usaha makanan ringan tersebut juga merupakan binaan dari Disperindagkop dan UKM kota pariaman.

“Kampung makanan ringan kampung perak merupakan salah satu produk unggulan dari kota pariaman dari enam produk unggulan yang ada diantaranya makanan ringan, rajutan, sulaman, bordir, insdustri kelapa, dan batik sampan”, ungkap Alyendra saat diwawancarai oleh tim peliput MCP.

Alyendra menjelaskan, selain untuk memotivasi para pelaku UMKM, Syafril dari Fraksi Golkar di Komisi II DPRD Kota Bukitinggi sebagai ketua rombongan juga mengatakan, bahwa study tiru ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas terhadap UMKM yang ada di Bukitinggi,  untuk bisa naik level dari usaha mikro menjadi usaha kecil.

“Jadi keberhasilan kota pariaman ini merupakan tolak ukur bagi mereka bagaimana caranya kota pariaman bisa mendapatkan bantuan yang begitu banyak, sedangkan kota bukitinggi tidak bisa mendapatkannya. Oleh karena itulah mereka ingin belajar dari kota pariaman bagaimana bisa mendapatkan bantuan tersebut, agar bisa ditiru dan diterapkan di kota bukitinggi”, tambah Alyendra.

Alyendra berharap, mudah-mudahan dengan adanya kunjungan dari Kota Bukitinggi juga bisa menarik pelaku UMKM lainnya untuk berkunjung ke kota pariaman, selain bisa berbagi ilmu juga bisa menambah pendapatan ekonomi pelaku usaha yang ada di kota pariaman dengan mereka berbelanja di kota pariaman.

BACA JUGA  TP-PKK Agam Raih Gelar Juara Umum Tingkat Sumbar ke-8 Kalinya

“Semoga studi tiru ini bisa berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan kapasitas teerhadap UMKM baik terhadap mutu maupun permodalan, sehingga pelaku UMKM baik yang datang ataupun dari daerah kita sendiri bisa menjadi mandiri dan profesional”, tegas Alyendra. (*)

Baca juga: Tim Penggerak PKK Kota Palu Studi Tiru ke TP-PKK Padang Pariaman

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Solok Serahterimakan Jabatan Camat Payung Sekaki
Artikel berikutnyaNy. Emiko Epyardi Asda Ikuti Rakor Forikan Provinsi Sumatera Barat