Kota Pariaman akan Bangun Groin T di Balai Naras

akan
Walikota Priaman bahas pembangunan Groin T
Pariaman, SuhaNews – Kota Pariaman akan membangun Groin T di Desa Balai Naras, Kecamatan Pariaman Utara untuk mengatasi abrasi.

“Groin system merupakan salah satu bentuk dari konstruksi pengaman pantai yang dibangun tegak lurus garis pantai atau memanjang kearah laut,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar ketika ditemui oleh Consultan Perencana, Safrri Daus dan timnya di lokasi tersebut, Selasa (8/2).

Baca juga: Cegah Abrasi, Gubernur Mahyeldi Tinjau Tanggul Laut Pantai Padang

Secara umum tipe groin,  jelas Genius Umar, terbagi 3 (tiga) yaitu Tipe I, Tipe L dan Tipe T.

“Groin lanjut Genius, merupakan struktur pelindung pantai yang berfungsi untuk menahan transpor sedimen sepanjang pantai,” tambah Genius Umar.

Selain itu fungsi groin lainya yaitu untuk memperbaiki garis pantai yang sudah tererosi dan mengurangi atau menghentikan erosi yang terjadi, jelasnya.

Daerah sepanjang pantai Balai Naras ini, jelasnya, dahulunya pernah terjadi abrasi, apalagi saat ini kita akan membangun jalan baru Non Budgeter di sepanjang pantai di Pariaman Utara ini, karena itu untuk mencegah kembalinya terjadi abrasi.

“Kita akan membangun Groin Tipe T di kawasan ini,” ungkapnya.

Untuk mempercepat proses pembangunan Groin ini, dirinya mengundang consultan perencana yang khusus menangani masalah ini, dan berharap agar hal ini dapat segera dibikinkan perencanaanya, untuk pembangunan lebih lanjut.

“Kita tidak perlu lagi menambah groin disetiap batu grib yang sudah ada, cukup di satu batu grib saja yang kita panjangkan untuk penambahan material batu, baja atau material lainya untuk membuat groin Tipe T di Balai Naras ini, dan kita berharap hal ini dapat segera diselesaikan oleh consultan nantinya,” tutupnya.

Sementara itu Consultan Perencana, Safrri Daus, yang merupakan mantan ASN di Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian PUPR ini, sangat antusias dengan ide Walikota Pariaman, Genius Umar untuk membangun Groin Tipe T di Pantai Pariaman ini.

BACA JUGA  Walikota Pariaman Genius Umar Apresiasi Buru Mancik di Desa Marabau

“Hari ini, kami meninjau kondisi di lapangan yang ada di sepanjang pantai di kawasan Pariaman Utara.

Groin Tipe T sebagai bangunan pengaman pantai, akan mempunyai banyak fungsi, dan ternyata baik sekali dan bisa untuk kita bangun Groin Tipe T ini.

“Pembangunan Groin tipe T ini sangat efektif sebagai pencegah terjadinya abrasi,” ujar Safrri Daus.

dengan panjang yang cukup ketengah laut, Groin ini juga dapat berfungsi sebagai tambatan kapal nelayan dan juga kapal wisata nantinya, ucapnya lebih lanjut.

Kita akan memperpanjang salah satu Groin yang sudah ada, tambah Safrri Daus, sehingga Groin ini juga berfungsi sebagai dermaga, dan kondisi ini sudah pernah dibuat di Sungai Pisang di Tahun 2019 sepanjang 120 Meter dan di Pantai Bungus di Tahun 2020.

“Semoga hal ini juga dapat terwujud di Kota Pariaman,” kata Safrri Daus. (*)

Baca juga: Atasi Abrasi di Muara Air Haji, Pemprov Sumbar Bangun Pengamanan Pantai

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Buka Musrenbang Kecamatan Gunung Talang
Artikulli tjetërKunjungi Kemenag, Kapolres Pesisir Selatan Apresiasi Pengendalian Gratifikasi