Kota Sawahlunto Peringati Hari Ibu dengan Pelaksanaan Upacara

hari
Sawahlunto, SuhaNews – Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi menghadiri peringatan Hari ibu ke-93 tahun di Kota Sawahlunto, yang diperingati dengan pelaksanaan upacara Hari Ibu di Hall Ombilin, Senin 20 Desember 2021.

Usai upacara, dilanjutkan dengan wisuda bagi para peserta Sekolah Istri Teladan Sawahlunto (SILO).

Baca juga: Hari Ibu dan Dharmawanita, Wako Genius Umar Kilas Balik Perjuangan Perempuan

“SILO merupakan komitmen dan program dari Pemko Sawahlunto dalam meningkatkan kapasitas dari kaum ibu,” ujar Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Upacara Hari Ibu ini juga diikuti oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sumatera Barat Quartita Evari Hamdiana, Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny. Meyvita Deri Asta, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenti Zohirin Sayuti, dan undangan lainnya.

Kaum ibu, jelas Deri Asta, diberikan pendidikan dan pelatihan untuk memberdayakan pola pikir (mindset) dan perilaku (karakter) dari kaum ibu dalam mengurus rumah tangga, melayani suami dan mengasuh anak.

Selain SILO, jelas Deri Asta, masih dalam upaya peningkatan kapasitas perempuan/kaum ibu, di Sawahlunto juga ada program Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKH-Perempuan).

“Salah satu tujuan dari program ini yakni melatih perempuan dalam memberdayakan potensi diri dan Sumber Daya Alam di sekitarnya untuk dikelola menjadi bernilai ekonomi yang dapat menambah pendapatan keluarga,” papar Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Perhatian, dukungan dan komitmen untuk peningkatan kapasitas perempuan di Sawahlunto, jelas Walikota, terus dilanjutkan. Sebab masa depan Kota Sawahlunto juga ikut dipegang oleh kaum ibu yang mengasuh anak-anak. Pada masa dewasanya akan mengurus dan memimpin kota ini.

BACA JUGA  Jaga Kota Tua, JKPI Berikan Dua Penghargaan kepada Sawahlunto

“Melalui berbagai program dan dukungan/bantuan itu, kaum ibu di Sawahlunto dapat menjadi inpirasi dalam keluarga, nanti jga akan mmapu  pula menginspirasi lingkungan sekitarnya,” jelas Deri Asta. (*)

Baca juga: Peringatan Hari Ibu ke-92 Pemko Gelar Lomba Puisi, Public Speaking, dan Vlog

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaDedi Asmar: Kemasan Mampu Menarik Minat Konsumen untuk Belanja
Artikel berikutnyaDibuka Bupati Eka Putra, Bola Volly Nagari Bupati Cup 2021 Dimulai