Kota Sawahlunto Terima Opini WTP 6 Kali Berturut-Turut

wtp
Sawahlunto,SuhaNews – Pemko Sawahlunto memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke-6 kalinya secara beruntun.

Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharaan Sumbar menyerahkan plakat dan piagam penghargaan untuk Pemko Sawahlunto. Plakat dan piagam penghargaan itu diberikan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Senin 25 Oktober 2021 di Padang.

Baca juga: Sawahlunto Peroleh Opini WTP dari BPK untuk Keenam Kalinya

“Keberhasilan meraih WTP terutama pada tahun 2020 kemaren yang berlangsung di masa pandemi Covid – 19 bukanlah pekerjaan yang ringan,” ujar Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar, Heru Pudyo Nugroho.

Kita mengapresiasi pemerintah daerah, ujarnya, yang berhasil memperoleh Opini WTP di tengah situasi menangani pandemi Covid. Juga kepada daerah yang memperoleh WTP ini sampai 6 kali berturut-turut.

“Hal menunjukkan komitmen yang nyata dalam pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah yang sesuai dengan Undang – Undang,” ujar Heru Pudyo Nugroho.

Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan WTP sebagai tanda yang sah dan resmi bahwa pemerintah daerah patuh dengan regulasi dalam mengelola keuangan.

“Menerima plakat dan piagam penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar itu, menunjukkan bahwa pengelolaan dan pelaporan keuangan Pemko Sawahlunto telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan/regulasi yang berlaku,” ujar Mahyeldi Ansharullah.

“Ini fakta yang jelas bahwa Pemko Sawahlunto telah melaksanakan pengelolaan keuangan negara dengan patuh dan taat pada regulasi/hukum yang berlaku,” sebut Walikota Deri Asta.

“Terima kasih kepada semua jajaran di Pemko, juga Forkopimda dan intansi/lembaga terkait lainnya untuk segala dukungan. Penghargaan Opini WTP ini kita persembahkan untuk semua masyarakat Kota Sawahlunto,” ujar Walikota Deri Asta.

BACA JUGA  Terdampak Covid-19, Gubernur Sumbar Bantu Masyarakat Anau Kadok

Saat menerima plakat dan piagam penghargaan itu, Walikota didampingi Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr.dr. Ambun Kadri, MKM dan Sekretaris BPKAD Sawahlunto, Dodi Febrizal.

Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Sawahlunto, Dodi Febrizal, menjelaskan Pemko Sawahlunto memperoleh opini WTP berturu -turut enam kali tersebut yakni di tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Dalam kegiatan penyerahan plakat dan piagam penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar itu juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan tentang pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. (*)

Baca juga: 9 Kali Tanah Datar Raih WTP, 8 Diantaranya Secara Berturut

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaJuara I, TP PKK Nagari Lubuk Basung Jadi Duta Agam ke Provinsi
Artikel berikutnyaMeski Keberangkatan Haji 2021 Ditunda, Kemenag Liko Persiapkan Keberangkatan