KPUD Pasaman Tetapkan Pasangan Bupati/Wakil Bupati Terpilih

pasangan
Lubuk Sikaping, SuhaNews – KPUD Pasaman menggelar rapat pleno penetapan pasangan Benny Utama dan Sabar AS sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, di Emir Hotel Lubuk Sikaping, Jumat (22/1/2021).

Penetapan pasangan calon terpilih ini berdasarkan sertifikat rekapitulasi hasil perhitungan suara pada pemilihan serentak tahun 2020.

Berdasarkan surat Mahkamah Konstitusi nomor 165/PAN.MK/01/2021 bahwa Kabupaten Pasaman tidak termasuk daerah yang berpekara di Mahkamah Konstitusi.

Kemudian Surat Dinas nomor KPU RI nomor : 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 perihal Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Serentak Tahun 2020 tertanggal 20 Januari 2021.

Ketua KPU Pasaman Rodi Andermi menyampaikan, bahwa Pillkada 2020 di Kabupaten Pasaman merupakan fenomena baru karena hanya diikuti satu pasangan calon.

“Ini menjadi tantangan awal dari KPU Pasaman. Karena, ketika satu paslon di Pilkada maka masyarakat akan berasumsi bahwa partisipasi pemilih akan rendah,” jelas  Rodi Andermi sebagaimana dirilis dari situs resmi KPU Pasaman.

Faktanya bisa dipatahkan bersama-sama sehingga Pasaman mampu mencapai partisipasi pemilih 66,5,%. Ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa.

pasanganKPU Pasaman, tambah Rodi, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Pasaman serta stakeholder terkait, mulai dari awal mensosialisakan seluruh tahapan kepada masyarakat hingga rapat pleno penetapan calon terpilih. Dan juga kepada relasi yang telah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Rodi Andermi menambhakan penetapan paslon terpilih, dasarnya adalah berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil perolehan suara pada Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pasaman tahun 2020. Kemudian, Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman nomor 370 /TR .02.6/ kpt/1308/KPU-KAB/XII/2020, tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara dan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pasaman tahun 2020.

Pleno terbuka tersebut dihadiri oleh Pasangan Calon terpilih, Forkopimda Kabupaten Pasaman beserta stake holder terkait, kemudian langsung diserahkan berita acara penetapan pasangan calon terpilih untuk di proses sesaui dengan mekanisme peraturan perundang-undangan yang berlaku. (*)

BACA JUGA  Wawako Zohirin, 2021 Jalan Alternatif Pondok Kapur - Muaro Kalaban Akan Dikerjakan

Baca juga:

Facebook Comments

loading...