Kualifikasi Piala Dunia 2022: Belanda Tekuk Turki 6-1

belanda
SuhaNews – Hat-trick Memphis Depay di laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini, antarkan Belanda pada kemenangan 6-1 atas Turki di Johan Cruyff Arena.

Belanda menjamu Turki. Tuan rumah tampil dominan sejak awal laga. Mereka mencatatkan 64 persen penguasaan bola dibanding 36 persen milik Turki.

Belanda mampu unggul cepat di menit ke-1 lewat Davy Klaassen. Pasukan Louis van Gaal kemudian mampu menambah gol dari hat-trik Memphis Depay di menit ke-16, 38’dan 54′, gol Guus Till pada menit ke-80. serta torehan dari Donyell Mallen di menit 90. Turki hanya bisa mencetak satu gol dari Cengiz Under di menit ke-90+1.

Baca juga: Dua Gol Ronaldo Antarkan Portugal Tekuk Irlandia 2-1

Turki sendiri harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-44 di laga ini. Hal itu terjadi karena Caglar Soyuncu mendapatkan kartu kuning kedua.

Kemenangan ini membawa Belanda ke puncak klasemen Grup G dengan 13 angka. Poin mereka sama dengan Norwegia di urutan kedua tapi unggul selisih gol. Sementara, Turki di peringkat ketiga dengan 11 poin.

Jalannya Pertandingan

Belanda mampu unggul cepat ketika laga belum genap satu menit. Davy Klaassen melakukan kombinasi umpan pendek dengan Memphis Depay di dalam kotak penalti.

Gol!! Klaassen lalu melepas tembakan mendatar yang gagal dihalau Ugurcan Cakir. Skor berubah 1-0 untuk Belanda.

Belanda tak mengendurkan tekanan usai unggul cepat. Hasilnya, mereka menggandakan keunggulan di menit ke-16.

Gol De Oranje kembali lahir dari kerja sama Klaassen dan Depay. Depay yang bergerak dari tengah lapangan melakukan wall pass dengan Depay.

Gol!! Menusuk ke kotak penalti, Depay melepas sepakan yang bersarang ke kiri gawang Turki. Belanda menjauh 2-0.

BACA JUGA  Setelah Lionel Messi Hijrah, Memphis Depay Dielu-elukan di Camp Nou

Turki yang berusaha untuk bangkit mencoba mengancam dari percobaan jarak jauh Caglar Soyuncu. Namun, usahanya masih terlalu lemah hingga bisa diamankan Justin Bijlow.

Kala Turki berusaha untuk bangkit Belanda jutru mendapat hadiah penalti di menit ke-38. Wasit menunjuk titik putih akibat Klaassen yang merangsek ke kotak penalti dijegal Soyuncu. Soyuncu juga mendapat kartu kuning akibat pelanggarananya ini.

Gol!! Depay yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan panenkannya mengecoh Cakir yang bergerak ke kiri.

Situasi semakin sulit untuk Turki yang tertinggal tiga gol karena Soyuncu harus diusir keluar lapangan pada menit ke-44. Ia mendapat kartu kuning kedua akibat melanggar Depay.

Skor 3-0 untuk bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Belanda kembali membobol gawang Turki di menit ke-54. Umpan silang Steven Bergwijn dari sisi kiri menuju Steven Berghuis di tiang jauh.

Gol!! Berghuis menanduk bola menuju Depay yang berdiri di depan gawang. Depay meneruskannya menjadi gol lewat sundulan kepala untuk menorehkan hat-trick di laga ini.

Belanda yang unggul jumlah pemain terus mengurung lini pertahanan Turki. Tim tamu tak punya banyak pilihan kecuali hanya sesekali menyerang lewat serangan balik.

Pesta gol Belanda berlanjut di menit ke-80. Umpan panjang Teun Koopmeiners menjangkau Guus Til yang melakukan pergerakan di kotak penalti.

Gol!! Til melakukan gerakan memutar sebelum melepas tembakan. Sepakannya sedikit terkena Cekir yang berusaha melakukan blok. Namun, bola tetap bergulir masuk ke gawang Turki.

Ryan Gravenberch mencoba menambah keunggulan Belanda dari tendangan jarak jauhnya di menit ke-88. Namun, bola masih jatuh ke pelukan Cekir.

Gol keenam Belanda akhirnya lahir di menit ke-89. Aksi Devyne Rensch dari sisi kanan mengawali gol ini.

BACA JUGA  Pandemi Corona Masih Mengancam, Liga Inggris Diminta Lanjut Sampai Selesai

Gol!! Sodoran bola Rensch dikontrol dengan baik oleh Donyell Malen. Malen melepas sepakan keras yang menggetarkan jala Turki.

Turki bisa mencetak satu gol di akhir laga. Gol bermula dari kesalahan Virgil van Dijk usai bola yang dikuasainya terlepas akibat mendapat tekel dari Halil Dervisoglu.

Gol!! Bola liar dimanfaatkan dengan baik oleh Cengiz Under. Ia dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong usai Bijlow sudah terjatuh berusaha melakukan sergapan.

Skor 6-1 untuk Belanda menutup laga.

Susunan Pemain

Belanda: Justin Bijlow; Denzel Dumfries (Devyne Rensch 71′), Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Daley Blind; Georginio Wijnaldum (Guus Til 61′), Frenkie de Jong (Teun Koopmeiners 46′), Davy Klaassen (Ryan Gravenberch 71′); Steven Berghuis, Memphis Depay, Steven Bergwijn (Donyell Malen 61′).

Turki: Ugurcan Cakir; Kaan Ayhan, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Mert Muldur; Cengiz Under, Orkun Kokcu (Ozan Tufan 46′), Okay Yokuslu, Kenan Karaman (Ozan Kabak 46′); Hakan Calhanoglu (Halil Dervisoglu 86′); Burak Yilmaz (Muhammed Akturkoglu 65′) (*)

Baca juga: Jean-Pierre Adams, Mantan Bek Timnas Prancis Meninggal Usai Koma 39 Tahun

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaGubernur Sumbar Lepas 9 Santri Ponpes Al-Hafidz Ibnu Hajar Matur ke Yaman
Artikel berikutnyaKetua TP PKK Kab. Solok Berikan Pembinaan di Kecamatan X Koto Diatas