Kunjungi Aia Luo, Bupati Solok Janjikan Perbaikan Jalan dan Bantuan Bibit Tanaman

bupati
Bupati Solok Epyardi Asda resmikan geudng kemasyarakatan
Aia Luo, SuhaNews – Bupati Solok dan rombongin  mengunjungi Nagari Aia Luo, Kecamatan Payung Sekaki, Selasa,,29 Juni 2021. Kunjungan ini dalam rangka peresmian gedung balai kemasyarakatan dan bersilaturahmi dengan perangkat nagari, BPN, lembaga dan tokoh masyarakat.

Bupati Solok H.Epyardi Asda didampingi oleh Camat Payung Sekaki Irwan Effendi, Wali Nagari Aia Luo H. Maila, Kepala SKPD, dan Forkopimcam Payung Sekaki.

Wali Nagari Aia Luo H. Maila mengatakan bahwa masyarakat Nagari Aia Luo mendukung program Kabupaten Solok “Mambangkik batang tarandam” menjadikan Kabupaten Solok menjadi Kabupaten terbaik di Sumatera Barat.

Baca juga: Longsor di Beberapa Titik, Akses ke Aia Luo Terputus

Maila menyebutkan bahwa Gedung yang diresmikan  ini, dibangun pada tahun 2020 dari dana pokir DPRD dan bantuan  Pemda Kabupaten Solok melalui dinas PUPR Rp319 juta.

“Masyarakat berharap akses jalan bisa diperbaiki terutama jalan menuju Jorong Kipek lebih kurang 11 Km,” jelas Maila.

Aia Luo, jelas Maila, memiliki potensi di bidang pertanian khususnya pada tanaman karet, kemiri dan kulit manis. Masyarakat berharap bisa mendapatkan bantuan bibir untuk pengembangan potensi tersebut.

Mendapatkan laporan dari Wali Nagari Aia Luo, Bupati Solok H. Epyardi Asda menyampaikan kegembiraanya bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat Aia Luo, sekaligus meresmikan Gedung Balai Kemasyarakatan dan  Nagari Aia Luo.

“Saya ke Aia Lui ini untuk melihat kebutuhan masyarakat dan apa yang bisa saya perbuat untuk masyarakat Nagari Aia Luo,” ujar Epyardi Asda.

Bupati meminta wali Nagari  untuk mendata masyarakatnya yang rumahnya tidak layak huni agar bisa dimasukkan dalam program bedah rumah.

“Nagari Aia Luo ditargetkan 30 buah rumah warga bisa dibedah agar menjadi rumah layak huni,” ujar Bupati Epyardi Asda.

BACA JUGA  Bangun BLK: Bupati Solok Terima Kunjungan Sekretaris Jenderal Kemnaker RI

Pemerintah Daerah, jelas Epyardi Asda, mempunyai program anggaran berbasis rakyat. Anggaran dipergunakan seutuhnya untuk kesejahteraan rakyat Kabupaten Solok. Semua program yang ada dari Nagari silahkan diusulkan dalam musrembang Nagari.

“Bantuan ekskavator untuk kecamatan, bisa dipergunakan untuk memperbaiki jalan menuju Nagari Aia Luo maupun ke Jorong Kipek tersebut,” jelas Epyardi Asda, menanggapi permintaan Wali Nagari Aia Luo.

Bupati juga berharap camat dan wali nagari mendata pemilik lahan yang akan dibantu bibit. Pemerintah daerah sudah menjalin kerja sama dengan Balitbu untuk pemberi bibit gratis kepada masyarakat. (Wewe)

Baca juga: Pencuri Aki PLTS Aia Luo Ditangkap

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaEuro 2020: Tekuk Swedia 2-1, Ukraina Tantang Inggris di 8 Besar
Artikel berikutnya2 Penghulu dari Kota Bukittinggi Dipercaya Jadi Pengurus PW APRI Sumbar