Liga Champions, Dikartu Merah, Juventus Ditekuk Barcelona 0-2

juventus
Pemain Juventus Merih-Demiral mendapatkan kartu merah
SuhaNews – Menjamu Barcelona di matchday kedua Grup G Liga Champions, di Allianz Stadium, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB, Juventus tak mampu membendung serangan Barcelona, Bianconeri takluk 0-2.

Juventus menelan kekalahan perdana di bawah asuhan Andrea Pirlo.  Bahkan Ousmane Dembele membuka keunggulan Barca di menit ke-14.

Di babak kedua, upaya Paulo Dybala dkk menyamakan kedudukan kian berat karena harus bermain dengan 10 orang setelah Merih Demiral diusir wasit pada menit ke-85. Di sisa waktu, Lionel Messi berhasil menambah gol untuk Barcelona lewat penalti di menit ke-90.

Hasil ini mengantarkan skuad asuhan Ronald Koeman ke puncak klasemen Grup G dengan 6 poin. Sedangkan Juventus berada di urutan kedua dengan 3 poin. Di laga lain Grup G, Ferencvaros  bermain imbang 2-2 dengan Dynamo Kiev.\

Cristiano Raonaldi Absen

Bintang Juventus, Ronaldo masih belum bisa memperkut skua Andre Pirlo karena masih positiv Covid-19. Ketidakhadiran megabintang Juve mempengaruhi keperkasaan Klub Italia ini dalam mengatur serangan. Apalagi Ronaldo dikenal sebagai rajanya Liga Champions karena torehan golnya selama ini.

Jalannya pertandingan

Barcelona menekan lebih dulu. Laga baru berjalan semenit saat Lionel Messi mendapat kans bagus di sisi kiri tiang dekat Juventus. Ia melepaskan tembakan keras, namun diblok dengan gemilang oleh Leonardo Bonucci.

Semenit berselang, giliran eks pemain Juve, Miralem Pjanic, yang mengancam. Ia melakukan percobaan jarak jauh, namun bola yang mengarah ke sisi kiri gawang berhasil ditepis Wojciech Szczesny.

Nyaris! Barcelona menekan bertubi-tubi. Menit ke-3, Antoine Griezmann hampir saja membawa timnya unggul, namun bola sepakannya masih membentur tiang gawang Juventus.

Tekanan Barcelona membuahkan hasil di menit ke-14. Messi yang berada di sisi kiri mengubah arah serangan dengan mengirim bola lambung ke sisi kanan, tempat Ousmane Dembele berada.

Pemain asal Prancis itu menggiring bola sebentar lalu melepaskan tembakan dari jarak jauh. Bola sempat membentur Federico Chiesa sebelum akhirnya masuk ke gawang tanpa mampu dibendung Szczesny. Barcelona memimpin 1-0

uventus langsung tersengat. Alvaro Morata berhasil mencetak gol balasan di menit ke-16 usai melakukan aksi solo run dari tengah lapangan, namun dianulir wasit karena Video Assistant Referee (VAR) menyatakan ia sudah offside lebih dulu.

Nyaris! Barcelona hampir menggandakan keunggulan di menit ke-23. Griezmann dengan cerdik memberikan umpan kepada Messi yang bebas tak terkawal di kotak penalti, namun tembakan mendatarnya masih melebar di sisi kanan gawang.

Morata kembali mencetak gol di menit ke-30, usai menerima crossing Juan Cuadrado, namun lagi-lagi dianulir karena penyerang asal Spanyol itu sudah terjebak offside.

Barcelona kembali menekan. Di menit ke-36, kemelut di depan gawang Juventus coba dimanfaatkan Dembele, namun Szczesny sukses menghalaunya. Tak lama berselang, giliran Griezmann yang melepaskan tembakan, namun kembali diamankan Szczesny.

Skor 1-0 untuk Barcelona menutup babak pertama.

Di babak kedua, Juventus berinisiatif menekan. Di menit ke-55, Morata kembali mencetak gol usai menerima umpan Cuadrado, namun untuk ketiga kalinya harus dianulir setelah tayangan VAR memperlihatkan posisi Morata yang lagi-lagi offside.

Barcelona tak tinggal diam. Di menit ke-63, dalam situasi kemelut di depan gawang Juventus, Messi langsung berinisiatif menyambar bola dan melepaskan tembakan keras, namun masih melenceng tipis disamping kiri gawang Szczesny.

Juventus
Barcelona menang 2-0 di kandang Juventus

Juventus balas menyerang di menit ke-69. Dejan Kulusevski mencoba peruntungannya, tapi sepakan jarak jauhnya masih belum tepat sasaran. Semenit berselang, tembakan kaki kiri Adrien Rabiot juga bernasib serupa.

Nyaris! Griezmann lagi-lagi nyaris membobol gawang Juventus di menit ke-75, namun kembali membentur mistar gawang. Selamatlah gawang Szczesny dari kebobolan.

Petaka hadir bagi Juventus di menit ke-85. Merih Demiral diganjar kartu kuning usai menekel Pjanic. Sebelumnya, ia sudah mendapat kartu kuning di menit ke-70 karena melanggar Messi, sehingga pemain Turki ini harus meninggalkan lapangan.

Bermain 10 orang, Juventus tak mampu menyamakan kedudukan di sisa waktu. Barcelona justru berhasil memanfaatkan kondisi itu.

Di menit ke-90, Barcelona mendapat penalti usai Ansu Fati dilanggar Federico Bernardeschi. Messi yang maju sebagai eksekutor tak membuang-buang peluang untuk mencetak gol kedua di laga ini. GOL! Barcelona pun menang 2-0.

Susunan pemain

Juventus: Szczesny; Demiral, Bonucci, Danilo; Kulusevski (McKennie 75′), Bentancur (Arthur 83′), Rabiot (Bernardeschi 83′), Cuadrado; Chiesa, Dybala, Morata

Barcelona: Neto; Sergi Roberto, Araujo (Busquets 46′), Lenglet, Jordi Alba; Pjanic, De Jong; Pedri (Braithwaite 90+1′), Messi, Dembelé (Ansu Fati 67′); Griezmann (Firpo 89′)

Sumber: detik.com

Baca juga:

Facebook Comments

loading...