MAN 1 Bukittinggi Tuan Rumah Workshop Mandiri Robot Mobile Sumo IOT Madrasah tingkat

MAN 1 Bukittinggi Tuan Rumah Workshop Mandiri Robot Mobile Sumo IOT Madrasah tingkat
Bukitinggi, SuhNews – Tim Pengembang Robotik Madrasah dari Kantor Wilayah Kementrian Agama Propinsi Sumatera Barat mengadakan Workshop Mandiri Robot Mobile Sumo IOT Madrasah tingkat Propinsi Sumatera Barat di Aula MAN 1 Kota Bukittinggi, Rabu, 3 Agustus 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari, Rabu-kamis, 3-4 Agustus 2022 ini dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kementrian Agama Propinsi Sumatera barat yang diwakili oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi, Eri Iswandi dengan membuka dua kegiatan sekaligus WorkShop Mandiri Sumo IOT robotik dan penguatan superfisi pembelajaran tim pengembang kurikulum, Propinsi Sumatera Barat.

Pada siang harinya, Kakanwil Kementrian Agama Propinsi Sumatera Barat, Helmi dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Hendri Panidias berkesempatan hadir mengunjungi kegiatan secara langsung.

Afrizal, Kasubkor Pendidikan Madrasah Propinsi Sumatera Barat mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan Generasi Madrasah Beraqidah Kuat Mandiri dan Berprestasi serta merupakan awal dari kegiatan mempersiapkan peserta dalam Ajang Kompetisi Robotik Bergengsi, “SMRC” Sumatera Barat Madrasah Robotik Competition yang akan digelar tahun 2022 ini.

Ketua Panitia acara, Irsyad, kepala MAN 1 Kota Bukittinggi dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta Workshop yang terdiri dari Guru dan Siswa MA/Mts pada gelombang pertama ini dibatasi hanya 15 Madrasah saja dan sudah dibuka pendaftaran untuk gelombang ke dua.

Erria Nanda Utama, PCRI dan Zulkhairi, PCRI, guru MAN 1 Kota Bukittinggi, serta Rustam PCRI guru MIN Kota Bukittinggi, yang menjadi nara sumber Tim pengembang Robot Madrasah Propinsi Sumatera Barat, sangat bersyukur dengan terlaksananya kegiatan ini. “Ini merupakan Kebesaran dan Kekuasaan Allah SWT melalui Tekhnologi, ujar Zulkhairi.

“Robot Mobile merupakan Robot yang bisa dikendalikan dari HP menggunakan kecanggihan teknologi, dimana Robot memiliki kemampuan mentrasfer data melalui jaringan, Sumo ( adu tanding ) dengan IOT ( Internet Of Thing ), jelas Erria Nanda Utama.

BACA JUGA  Ikut Kompetisi Robotik di MAN 1 Bukittinggi, MTsM Sumani Unjuk Kebolehan

Dalam wawancara selanjutnya dengan narasumber, diketahui bahwa manfaat mengikuti kegiatan ini adalah :
1. Satu Materi yang didapatkan bisa dikembangkan menjadi puluhan jenis robot untuk bekal membuka ekstrakurikuler robotik di madrasah masing masing.
2. Robot yang dihasilkan nanti adalah robot yang siap diturunkan untuk ikuti SMRC tahun 2022.
3. Siapa saja boleh mengikutinya yang penting ada keinginan dan tekad yang kuat serta kesabaran.
4. Untuk peserta didik diutamakan kelas VII untuk Mts dan kelas X untuk MA agar mereka bisa menjadi guru muda untuk mengembangkan robotik ini kepada adik adiknya.
5 .Mendapatkan Sertifikat kegiatan.

Alhamdulillaah kegiatan ini terlaksana dengan kerjasama yang solit antara guru dan siswa Tim Minangkabau Robotik dari MAN 1 Kota Bukittinggi serta Tim Jam Gadang Robotik dari MIN Kota Bukittinggi.

Untuk mempermudah dalam mempelajari Robotic, Tim Minangkabau RoBotik MAN 1Kota Bukittinggi juga membuat buku digital karya mereka yang berisi tutorial serta coding jadi siap pakai bagi pembina dan siswa yang busa dipelajari secara mandiri. Yal

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPercasi Agam Gelar Open Turnamen Catur Bupati Agam Cup I
Artikulli tjetërBertemu Guru di Wilayah Utara, Kakan Kemenag Ajak Majukan Madrasah Kabupaten Solok