MAN 2 Bukittinggi Gelar Rapat Persiapan Ujian Praktik Keagamaan

MAN 2 Bukittinggi Gelar Rapat Persiapan Ujian Praktik Keagamaan
Bukittinggi, SuhaNews – Jelang akhir tahun pelajaran 2021/2022, MAN 2 Bukittinggi menggekar rapat persiapan ujian praktek keagamaan, Sabtu (13/3) yang dipimpin PLT Kepala, MAN 2 Bukittinggi pimpin rapat persiapan ujian praktik Keagamaan.

Madrasah sebagai tempat pendidikan sangat banyak membekali siswa dalam mata pelajaran agama. Untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dalam belajar mata pelajaran agama selama 3 tahun ini tidak cukup dengan ujian pengetahuan saja. Sebagaimana tuntutan kurikulum 2013, siswa juga harus memiliki keterampilan yang dapat diterapkan setelah tamat.

Sehingga siswa madrasah menjadi terdepan dalam akhlak dan penerapan ilmu agam Islam. Seperti penyelenggaraan jenazah tentunya setiap kita sebagai muslim harus memiliki keterampilan tersebut. Selain itu ada ujian praktek Khotbah bagi siswa laki- laki dan Pidato keagamaan bagi siswa perempuan. Disamping itu siswa juga akan mengikuti ujian tahfidz yang akan diuji oleh guru tahfidz pembinanya. Ujian praktik keagamaan ini berlangsung di MAN 2 Bukittinggi dari tanggal 14 sampai tanggal 20 Maret 2022.

Demi tercapainya pelaksanaan ujian praktik keagamaan sesuai tujuan pembelajaran, Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi c pimpin rapat persiapan di Ruang Guru pada hari Sabtu (12/3). Rapat persiapan ini dihadiri oleh guru-guru penguji yang terdiri dari 20 guru.

Aliswar Refzan selaku guru tafsir menyampaikan “sangat bagus ujian praktik ini dilaksanakan, karena ilmu itu diperlukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena ilmu keagamaan ini sebagai pakaian hidup kita dan dipakai oleh seluruh lapisan masyarakat.

Seperti keterampilan tahfidz , apabila di suatu masyarakat ada imam yang ditetapkan berhalangan hadir, maka siswa kita bisa menggantikannya. Pada khotbah siswa kita juga mengisi dihari Jumat dan hari besar. Ujian praktik ini jangan hanya saat siswa akan tamat saja, berharap ujian praktik bersama yang seperti ini ada setiap semester. Berharap tahun depan mendatangkan penilai profesional dari luar madrasah dan juga bisa melibatkan semua guru mata pelajaran.

BACA JUGA  MAN 2 Bukittinggi Gelar English Song Festival

Plt. kepala MAN 2 Bukittinggi Fadhlina Syarif menyampaikan dalam rapatnya agar semua lebih teliti menilai siswa dan nilai harus langsung disetor setelah kegiatan agar penilaian lebih valid dan objektif. “melalui ujian praktik keagamaan ini MAN 2 Bukittinggi berkomitmen menghasilkan lulusan yang berilmu pengetahuan serta menjadi muslim yang baik dan berguna dimasyarakat’’. Tutupnya. Yuli/Syafrial

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBelajar Kewirausahaan, Siswa MAN 2 Bukittinggi Praktek Mengolah Makanan Internasional
Artikulli tjetërDinas P3AKB Kota Pariaman Laksanakan PKS