Mendaftar Haji di Kemenag Pasaman Wajib Perlihatkan Bukti Vaksin

kemenag
Pasaman, SuhaNews—Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman Gusman Piliang telah menegaskan vaksinasi menjadi syarat seluruh pelayanan pemerintah kepada masyarakat, termasuk berurusan haji dan umrah di kantornya.

Ditemui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Edy Ridwan Selasa (26/10) membenarkan hal tersebut yang didasari dengan Surat Edaran Bupati Pasaman nomor 1765/BPBD-PAS/2021 tanggal 8 Oktober 2021 tentang tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) 14 Tahun 2021.

ilanjut Edy, setiap masyarakat yang berurusan mendaftarkan diri sebagai calon jemaah haji ke Seksi PHU harus melampirkan surat vaksin Covid-19, minimal vaksin pertama. Bagi Calon Jemaah Haji yang tidak bisa divaksin, maka perlu melampirkan surat keterangan dari dokter.

Ditegaskannya, berdasar dari SE Bupati, jika masyarakat yang berurusan tidak bisa melengkapi kedua persyaratan, pihaknya tidak bisa melayani.
“Mohon maaf kepada Bapak/Ibu yang berurusan haji di kantor kami jika tidak bisa menunjukkan surat vaksin dan keterangan dokter, tidak bisa kami melayani”,ucapnya.

Kepada masyarakat, pejabat kelahiran Pematang Siantar itu meminta agar sebelum melakukan urusan khususnya haji untuk melengkapi syarat-syarat tersebut. Dan pihaknya telah mensurati seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan.

Menurutnya, vaksinasi sebagai langkah Pemerintah dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. Pemerintah berupaya memberikan pelayanan dan pelindungan kesehatan kepada jemaah haji seperti yang diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaran Ibadah Haji Dan Umrah.Yusuf | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Haji 2020 Ditunda, Kemenag Tetap Siapkan Buku Panduan Manasik
loading...
Artikel sebelumyaSumbar Terima Plakat dan Piagam WTP LKPD 2020 dari Kemenkeu
Artikel berikutnyaPKK Nagari Panyakalan Studi Tiru Usaha Perikanan ke Suliki 50 Kota