Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Nagari Silokek, Sijunjung

menparekraf
Sijunjung, SuhaNews – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melakukan penandatanganan prasasti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Geopark Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Rabu (6/7/22).

Tiga nagari di Sumatera Barat lolos dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, yakni Geopark Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung. Kemudian, Green Talao Park di Padang Pariaman dan Desa Wisata Nagari Tuo Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga: Geopark Silokek, Sijunjung Wakili Sumbar Menuju UNESCO Global

Dalam kunjungan ke Geopark Silokek ini, Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Dr. Zefnihan serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Juga hadir Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol. Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf Indra Ni Tua, serta Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Hariyanto, didampingi pula oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatra Barat Luhur Budianda.

“Kami bersama dengan Bank BCA dan Pemkab Sijunjung secara all out mendukung serta akan menjadikan destinasi ini sebagai destinasi berkualitas,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandi menyebut Nagari Silokek memiliki banyak potensi wisata yang menjadi daya tarik tersendiri, yakni wisata berbasis budaya, sejarah, pendidikan geologi dan potensi lainnya.

“Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan. Membangun tidak bisa kerja sendiri, harus berkolaborasi,” jelasnya.

Nagari Silokek ini, jelas Sandiaga Uno, akan menjadi destinasi unggulan, membuka peluang usaha, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pada kunjungan itu, destinasi ngalau (goa) basurek membuatnya terkesan, karema pada dinding goa tersebut terdapat tulisan yang sudah ada sejak Tahun 1927.

BACA JUGA  Rinduku Padamu Ramadhan

“Selain itu, hal yang cukup berkesan disini yaitu pengelolaan dari Pokdarwis dan masyarakat yang mendukung Nagari Silokek menjadi destinasi wisata yang berkualitas,” tutur Menparekraf.

Sementara, Bupati Benny Dwifa bangga atas kelolosan nagari silokek dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Kami atas nama Pemkab Sijunjung tentu sangat bangga dengan keberhasilan ini. Insyallah kedepan kami bersama-sama mempertahankannya, agar wisata maju dan masyarakatnya sejahtera,” ucap Benny.

Dihadapan Menparekraf,  Bupati menyebut, Geopark Silokek dalam proses menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

“Kami mohon dukungannya dari Bapak Sandiaga Uno. Mudah-mudahan Geopark Ranah Minang Silokek kedepannya beralih status sebagai UNESCO Global Geopark,” tutupnya. (Dicko)

Baca juga: Kampung Madu Galo-Galo di Geopark Silokek Dilaunching

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakManasik pamungkas di Tanah Suci, Mulyadi Sebut Padang Arafah Simbol Padang Masyar
Artikulli tjetërWako Zul Elfian : Sholat Idul Adha Kita Ikuti Keputusan Pemerintah