New Normal di Tanah Datar, Masjid Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

256
tanah datar
Batusangkar, SuhaNews – Pemkab Tanah Datar pantau pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid atau new normal di beberapa masjid. Pemantauan ini dalam rangka menindaklanjuti SE Menteri Agama RI dan Maklumat MUI Nomor 06 tahun 2020 pasca PSBB.

“Masyarakat menjalani kehidupan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan covid-19,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen saat mengunjungi beberapa masjid bersama unsur Forkompinda, Kemenag dan Kepala OPD terkait, Jumat (12/06).

“Alhamdulillah pengurus masjid sudah menyediakan peralatan sesuai protokol kesehatan dan mengatur jarak sehingga aman dalam beribadah,” jelas Suhermen.

Kalau  sudah di masa tatanan normal baru ini, jelasnya, jangan sampai kembali ke masa PSBB karena ketidakdisiplinan dalam mematuhi imbauan pemerintah mengikuti protokol kesehatan,

“Saat ini kita harus mendisiplinkan diri, mematuhi protokol kesehatan seperti halnya beribadah di masjid, jika kurang sehat badan, tidak pakai masker, atau tidak mematuhi aturan prorokol kesehatan di masjid sebaiknya beribadah di rumah saja,” ujar Suhermen.

Sementara Kepala Bagian Kesra Afrizon mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama forkopimda turun ke madjid-masjid melakukan monitoring dan edukasi guna memantau langsung pelaksanaan ibadah.

“Kita turun ke beberapa masjid terutama di wilayah perkotaan,” jelas Afrizon.

Masjid yang dipantau, jelas Afrizon, seperti Masjid Al-Amin Dobok, Masjid Raya Lantai Batu dan Masjid Muhammadiyah. Alhamdulillah, masjid tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan.

tanah datarJamaah sudah memakai masker, menjaga jarak dalam bersyaf, dan adanya perlengkapan mencuci tangan.

“Dari 323 masjid, yang ditinjau baru masjid di seputaran kota Batusangkar,” jelas Afrizon.

Sementara dari informasi penyuluh agama kantor Kementerian Agama Tanah Datar, dari data masjid yang ada sudah mendekati 67 persen yang sudah menerapkan protokol kesehatan.

“Sejak 8 Juni 2020 telah dimulai pelaksanaan tatanan kehidupan baru pasca berakhirnya PSBB, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19” tambah Afrizon.

Reporter: Andra    Editor: Wewe

Baca Juga:

 

Facebook Comments

loading...