Panen Raya di Sawah Solok, Wagub Sumbar Ingin Pertahankan Ikon

Panen Raya di Sawah Solok, Wagub Sumbar Ingin Pertahankan Ikon
SuhaNews. Pemerintah Kota Solok Gelar Panen Raya bertempat di Sawah Solok, Senin (27/09). Kota Solok merupakan salah satu sentra produksi padi terkenal yang terus menjaga produksi padi agar tidak terjadi kelangkaan pangan di masa pandemi saat sekarang ini.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy yang didampingi oleh Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, Wakil Wali Kota Solok Dr.Ramadhani Kirana Putra, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solok, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat asal Kota Solok H. Irzal Ilyas dan H. Daswippetra Dt.Mjj Alam, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal, Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa dan OPD terkait lainnya dari Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Solok.

Dalam sambutannya, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar, SH, M.Si ungkapkan bahwa di Kota Solok terjadi peningkatan produksi beras di tiap tahunnya, “Alhamdulillah di Kota Solok produksi kami meningkat dari tahun sebelumnya, kami selalu berupaya untuk terus menjaga kontiniutas ini, serta menjaga kualitas beras di Kota Solok, kami yakin dengan adanya peningkatan produksi ini akan menjadi pengaruh ekonomi bagi kelompok tani kami yang ada di Kota Solok” tuturnya.

Disisi Lain, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy dalam arahannya menekankan agar Kota Solok tetap mempertahankan area persawahan yang ada, terutama Sawah Solok, Sawah Solok harus tetap dipertahankan agar ikon Kota Solok sebagai Kota Beras sekaligus menjaga kualitas dan karakteristik Beras Solok berupa IG (Indikasi Geografis) Beras Solok tetap terjaga.

“Kita sadari Kota Solok memiliki potensi yang luar biasa di sektor pertanian, Beras Solok menjadi Ikon Kota Solok, Beras yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus, saya meminta agar ikon ini dijaga” ungkap wagub

BACA JUGA  Wakil Gubernur Audy Joinaldy: Wisata Sumbar Mulai Menggeliat

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur juga menyampaikan pentingnya mempertahankan sawah dengan peningkatan teknologi pertanian di Kota Solok. Penerapan aturan alih fungsi sangat diperlukan agar eksistensi sawah terjaga, serta pentingnya untuk membuat packaging yang modern serta premium untuk Beras Solok. “Kalo bisa Packagingnya diganti menjadi yang premium untuk Beras Solok ini, karena ini beras mahal, beras yang kualitasnya bagus, jadi harus dibungkus dengan yang bagus pula” tuturnya.

Selain melakukan panen bersama, Wakil Gubernur Sumatera Barat juga mempraktekkan alat panen multi fungsi Combine Harvester, serta penyerahan bantuan 2 unit Traktor Roda dua kepada Kelompok Tani Padang Lindang kelurahan VI Suku dan kelompok tani Surau Kajai Kelurahan Tanah Garam. Selain itu juga diserahkan 2 uni handsprayer kepada kelompok tani Panca usaha kelurahan Sinapa Piliang dan kelompok tani sarang alang kelurahan Laiang.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan bajamba dan peninjauan Stand oleh wagub, wako, wawako beserta undangan lainnya. Selanjutnya, peninjauan proses pembuatan Rendang Bundo di dapur Rendang Bundo Asli Solok. Wagub juga mencoba langsung mengaduk proses memasak rendang.

Seusai memasak rendang, rombongan melaksanakan Shalat Zuhur di Masjid Al Hidayah, Kelurahan VI Suku. Kemudian meninjau proses pembangunan laydam Sungai Batang Lembang, peninjauan GOR Marahhadin di Kelurahan Laing, mengunjungi agrowisata Batu Patah Payo, Meninjau Rumah Sakit Umum Banda Panduang, serta diakhiri dengan mengunjungi rumah disabilitas Aldi Bersama Kami (ABK) di Kelurahan Simpang Rumbio. Rel

Berita Terkait :

BACA JUGA  1.159 Peserta Ikuti SKD CPNS Kota Sawahlunto

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaLepas Kontingen ke Papua, Mahyeldi Optimis Atlet Berikan Kemampuan Terbaiknya
Artikel berikutnyaKPK Lakukan Monev, Arief Nurcahyo: Berikan Informasi Yang Benar