Patuhnya “Oto Urang Awak”, Dilarang Mudik Bus Dikandangkan

Padang, SuhaNews. Mematuhi aturan pemerintah tentang larangan mudik mulai tanggal 6 sampai 17 Mai 2021 mendatang, pengusaha bus asal Sumbar menghentikan operasi. Puluhan “oto urang awak” dikandang di pool.

Diantara oto urang awak yang parkir dikandang ini adalah PO. ANS, puluhan armadanya tersusun rapi di pool jalan Khatib Sulamaiman Padang, Alang Laweh Padang, serta Bangkaweh kota Bukittinggi.

Kamis (6/5) menjadi finis terkahir bagi belasan armada berwarna biru ini sampai di Ranah Minang. Kedatangan belasan bus ini, setelah berangkat dari Jabodetabek-Bandung pada Selasa (4/5) malam.

Selain bus yang telah beroperasi, diantaranya juga berbaris beberapa unit yang masih pakai plat profit. Bus ini baru saja keluar dari karoseri pada pertengahan Ramadhan tahun ini.

“Satu sisi kita kecewa dengan adanya larangan ini, namun disisi lain kita juga patuh sama pemerintah. Bukti sebagai warga negara yang baik,” ujar Edi, salah satu pengemudi yang ditemui di salah satu pool bus tersebut.

BACA JUGA  Maria Kusuma Wakili PGRI Bukit Sundi pada Lomba Solo Song

Ia menyebut, harusnya waktu sekarang ini menjadi momen untuk panen dan disibukan melayani penumpang pulang dari rantau. Namun kondisi isi berubah dengan adanya peraturan pemerintah yang melarang mudik.

Disinggung soal adanya bus yang mendapatkan stiker khusus agar bisa melayani pemudik dengan catatan dan izin khusus, Edi mengatakan, selaku pengemudi ia tak memaksakan perusahaan mendapatkannya. Karena kalaupun dapat, nanti dalam operasionalnya akan ribet, salah satunya pemeriksaan setiap pos yang dilewati.

“Barangkali ini hikmah corona bagi kami awak bus, biasanya selalu berlebaran di jalan, kali ini dapat berkumpul dengan keluarga,” ujarnya sumringah.

Menutup bincang singkat, SuhaNews menanyakan tentang THR bagi awak bus.”Alhamdulillah sudah kami terima, walau bus dikandangkan, namun perusahaan tetap membayarkannya,” pungkasnya.

Selain PO. ANS bus asal Sumbar lainnya juga berbaris rapi di pool masing-masing seperti MPM di jalan By Pass Padang dan bus-bus dari perusahaan lain juga patuh dengan parkir di pool masing-masing. Moentjak

Dapat informasi tentang Bus Sumbar di chanel youtube Yudhie Tanjung, jangan lupa like dan subscribe

Berita Terkait : 

 

Facebook Comments

loading...