Pelajari UNESCO Global Geopark, Sijunjung Kerjasama dengan Sukabumi

Sijunjung
Tandatanganj naskah kerja sama
Sukabumi, SuhaNews – Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dan tim melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terkait persiapan Geopark Silokek menuju UNESCO Global Geopark (UGG), Rabu 13 April 2022.

Tim yang beranggotakan Dr. Zefnihan, AP, M.Si (ketua BP Geopark Ranah Minang Silokek), Dr. Febrin Anas Ismail (tenaga ahli), Dra. Yuni Elvira, MT (Bappeda), Afrineldi, SH (Parpora), Defri Antoni, SE (LPBJ), Mulyadi, ST, M.CIO (Umum), Ridwan, S.Hut (Sekretariat BP Geopark Ranah Minang Silokek), Khaidir Ali Daulay, S.STP, MM (Protokoler).

Baca juga: Geopark Ranah Minang Diusulkan Menuju Unesco Global Geopark

Rombongan Bupati disambut Wakil Bupati Sukabumi H.Iyos Somantri yang juga Ketua Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) di Pendopo Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Kunjungan kerja ke Palabuhanratu Sukabumi dalam rangka membangun kerjasama untuk persiapan Geopark Silokek menuju UNESCO Global Geopark (UGG) yang akan dilakukan pada bulan Juni 2022 dan akan langsung dicek oleh UNESCO bulan November 2022 mendatang,” ujar Bupati Benny Dwifa.

Kami datang ke Sukabumi, jelas Benny Dwifa, lengkap dengan jajaran, stakeholder untuk membangun komitmen Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Sukabumi.

“Sijunjung yang pertama kali ingin belajar banyak ke Ciletuh Palabuhanratu, terkait bagaimana persiapan untuk menuju UNESCO Global Geopark (UGG),”ungkap Bupati Milenial ini.

Menurut Bupati Benny, menuju UNESCO Global Geopark (UGG) tidak mudah, sehingga perlu adanya keseriusan dalam mamatangkan persiapan. karena itu Kabupaten Sijunjung belajar kepada Kabupaten Sukabumi yang telah lebih dahulu berhasil ditetapkan menjadi Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

“Kami akan mendalami dari segi administrasi dan kesiapan lainnya, apa saja yang telah dilakukan Kabupaten Sukabumi sehingga bisa menuju UNESCO Global Geopark (UGG),” ujarnya.

BACA JUGA  Hama Tikus Hantui Petani, Talu Tanam Padi Dua Kali Setahun

“Mudah-mudahan dengan kunjungan ke Ciletuh Palabuhanratu bisa menjadi kekuatan bagi Geopark Silokek dan mendapat Pengalaman berharga yang bisa dibawa Provinsi Sumatera Barat,” tambah Orang nomor satu di Ranah Lansek Manih ini.

Sementara, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan kedatangan Bupati Sijunjung ini untuk mempererat kerjasama dalam pengembangan geopark dan kedepannya Geopark Silokek bisa menjadi mitra Geopark Ciletuh Palabuhanratu dalam berbagai upaya pengembangan dunia wisata serta perekonomian.

“K ami siap membantu Pemkab Sijunjung dalam persiapan Unesco Global Geopark Silokek, tentunya kami pun tetap berupaya agar Geopark Ciletuh Palabuhanratu tetap menyandang status Unesco Global Geopark,” tutup Wabup Iyos Somantri.

Bupati Sijunjung dan tim melihat kondisi dan situasi Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (BP CPUGG) di Citepus dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Badan Pengelolaan Silokek tentang Pembangunan dan Pengembangan Geopark serta Penyerahan Cendramata dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi kepada Bupati Sijunjung. (PKP).

Baca juga: Geopark Singkarak-Danau Kembar Terbaik di Sumatera Barat

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTSR Sumbar Dorong Nagari Koto Baru Tingkatkan Produktivitas Pertanian
Artikulli tjetërWakil Walikota Solok Mulai Salurkan Bantuan Pangan Non Tunai