Pelayanan Jamaah Calon Haji, Kemenag 50 Kota Gandeng Imigrasi Agam

Pelayanan Jamaah Calon Haji, Kemenag 50 Kota Gandeng Imigrasi Agam
Sarilamak, SuhaNews – Meski penyelenggaraan ibadah haji belum diputuskan pemerintah, Kantor Kemenag Lima Puluh Kota terus mempersiapkan pelayananan keberangkatan jamaah, termasuk pengurusan paspor bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam yang menghadirkan Eazy Pasport.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H. Zakaria, Selasa (30/11). Disebutnya kerjasama ini dilakukan dalam bentuk pembuatan paspor yang dihadiri oleh 22 jamaah calon haji.

“Baik yang baru atau memperpanjang pasportnya tetap kita layani di sini.Pelayanan ini merupakan upaya memberikan kemudahan bagi Jamaah Calon Haji dalam pengurusan pasport. Kita bersyukur pihak Imigrasi mempunyai program seperti ini. Kita sangat terbantu dengan program ini,”ujarnya.

Zakaria menambahkan, pandemi yang melanda Indonesia, khususnya Sumatra Barat, sangat membuat ruang gerak masyarakat terbatas, termasuk dalam pengurusan pasport jamaah. “Bersama kesulitan yang kita hadapi akibat pandemi Covid-19, ada ruang kemudahan yang Allah berikan untuk mempermudah jamaah dalam pengurusan kelengkapan dokumen ibadah haji. Inilah salah satu bukti bahwa Allah akan mempermudah segala niat baik kita,” ujar Zakaria.

“Kitai berharap tahun 2022 jamaah bisa berangkat melaksanakan ibadah haji, dan segala kelengkapan dokumen perjalanan ibadah haji jamaah, bisa kita selesaikan,” tutup Zakaria.

Semantara itu, Kasubbag Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Agam, Bagus Dwi Putra, SE,dalam sambutannya menyampaikan, munculnya program _Eazy Pasport_ pada Kantor Imigrasi kelas II Non TPI Agam dikarenakan masa pandemi yang melanda semenjak tahun 2020.

“Kami dari kantor Imigrasi menyadari, masa pandemi cukup membuat masyarakat kesulitan dalam pengurusan dokumen perjalanan. Berbagai alternatif coba dirancang oleh Kantor Imigrasi guna melayani pengurusan dokumen perjalanan masyarakat. Salah satunya dalah pelayanan _Eazy Pasport_,” jelas Bagus.

BACA JUGA  Camat Kubung Ikut Goro Bangun Jembatan Darurat di Sawah Kandang Salayo

“_Eazy Pasport_ sebagai bentuk pelayanan kemudahan. Bukan hanya untuk dokumen perjalanan haji dan umrah, tapi untuk semua dokumen perjalanan. Layanan ini juga tersedia kepada siapa saja, Instansi/Lembaga, sekolah, ormas, universitas, maupun komunitas. Kami akan mendatangi lokasi sesuai surat permintaan. Semoga layanan ini bermanfaat dan memudahkan masyarakat,” tutup Bagus. Nina | Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPengurus Karang Taruna Kabupaten Agam Periode 2021-2026 Dipilih
Artikel berikutnyaDilantik Walikota, DR.Desmon,M.Pd Jabat Kepala Bappeda Kota Solok