Pemerintah Kota Sawahlunto akan Selalu Ada untuk Masyarakat

akan
Deri Asta
Sawahlunto, SuhaNews – Pemerintah Kota Sawahlunto akan selalu ada untuk masyarakat melalui program-program yang dicanangkan. Namun partisipasi masyarakat sangat penting untuk memastikan setiap program dapat berjalan lancar dan dinikmati hasilnya oleh masyarakat itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta ketika memulai roadshow Safari Ramadhan 1443 H tingkat kota Senin (11/4)  di Mesjid Taqwa Talawi.

Baca juga: Genius Umar Pimpin Tim Safari Ramadan ke Masjid Raya Pauh

pemerintahWali Kota Deri Asta menyampaikan wujud kebersamaan dalam mendukung program pembangunan di kota wisata tambang berbudaya yang diakui UNESCO Sawahlunto membuahkan hasil maksimal, dimana Kota Sawahlunto mampu menggeser kota/kabupaten lain di Indonesia dengan menjadi pemuncak indeks angka kemiskinan terendah di Indonesia. “Ini termasuk prestasi yang membanggakan, di tengah pandemi covid19,” ujar Walikota Deri Asta.

Wali Kota juga meamparkan beberapa program yang tertuang dalam visi misi pemerintahan Deri Asta-Zohirin, diantaranya di bidang keagamaan. Di kota sawahlunto saat ini telah ada Rumah Tahfis yang merupakan pondasi kuat bagi generasi muda dalam membentengi diri dari pesatnya perkembangan informaai teknologi.

“Pada tahun 2019 baru ada 10 rumah tahfiz,  meningkat dratis hingga tahun 2021 menjadi 38 rumah tahfiz,” ujar Deri Asta.

Ditargetkan pada 2022 ini, jelas Deri Asta, diharapkan mencapai 50 rumah tahfiz. Sehingga Sawahlunto akan menjadi gudangnya rumah tahfiz di Sumatra Barat dengan generasi mahir baca Al-Qur’an dan dapat membina lingkungan yang kondusif dan membentuk generasi madani.

Di bidang pendidikan, papar Walikota Deri Asta, dengan berdirinya kampus UNP di Kota Sawahlunto merupakan langkah strategis dalam meningkatkan sektor pendidikan. Jika tahun sebelumnya hanya ada 3 prodi, tahun ini akan ada tambahan 3 prodi lainnya diantarabya S1 PGSD dan S1 PGTK.

BACA JUGA  Wako Padang Panjang Terangkan Visi Misi Pendidikan Dalam Webinar

“Ada reward bagi mahasiswa asal Kota Sawahlunto dalam bentuk biaya pendidikan,” ujar Walikota.

Selanjutnya, dengan adanya UPTD Dana Bergulir akan dapat membantu masyarakat yang akan memiliki usaha dengan pinjaman sehingga menghindarkan masyarakat dari praktek rentenir yang cukup meresahkan.

Roadshow Safari Ramadhan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD, Jaswandi, Pimpinan Cabang Bank Nagari Sawahlunto Rusdi serta GM PT.BA Unit Pertambangan Ombilin Yulfaizon.

Pada safari Ramadan ini, selain ada bantuan dari Pemko Sawahlunto, juga diserahkan bantuan dari bank Nagari serta dari PT Bukit Asam. Tim Safari Ramadhan 1433 H terdiri atas 26 Tim yang akan mengunjungi masjid dan Musala di Kota Sawahlunto. (*)

Baca juga: Bupati Solok Safari Ramadan ke Masjid Nurul Huda Jorong Tampunik

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakGenius Umar Pimpin Tim Safari Ramadan ke Masjid Raya Pauh
Artikulli tjetërWalikota Zul Elfian Umar Terima Audiensi BPJS Kesehatan Solok