Pemkab Tanah Datar Perbolehkan Salat Idul Fitri Berjamaah

703
tanah datar
Batusangkar, SuhaNews – Kabupaten Tanah Datar membolehkan pelaksanaan Salat Idul Fitri berjamaah. Keputusan ini diambil melalui rapat di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Tanah Datar, Rabu (20/5/2020l. 

“Syaratnya di nagari tempat pelaksanaan Salat Idul Fitri tidak ditemukan kasus Covid 19,” ujar Kabag Kesra, H. Afrizon.

tanah datar
H. Afrizon

Di samping itu, masjid atau tempat penyelenggaraan salat Idul Fitri tidak berada di sepanjang jalan nasional dan provinsi. Kemudian tidak bertetangga langsung dengan kabupaten yang ditemukan kasus Covid 19.

“Setiap masjid, wajib melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan,” tambah Sekretaris MUI Tanah Datar ini.

Diharapkan setiap nagari memastikan persyaratan ini terpenuhi. Jadi terbebas dari temuan Covid-19 menjadi salah satu syarat Pemerintah Tanah Datar bagi umat muslim yang akan menggelar shalat Idul Fitri 1441 Hijriah.

Berita Terkait : Maklumat MUI Tanah Datar Keluar, Hari Ini Kembali Salat Jumat di Masjid

“Nagari atau masjid yang diperbolehkan melaksanakan shalat Idul Fitri harus sesuai ketentuan yang disepakati,” jelas Kepala Bagian Kesra Setda H. Afrizon.

Masjid yang hendak melaksanakan shalat Idul Fitri, tambah Afrizon. diwajibkan mengantongi administrasi jaminan komitmen dari pengurus mesjid yang dikeluarkan oleh pihak Nagari.

“Mengacu pada maklumat MUI sebelumnya, mesjid yang boleh melaksanakan salat Idul Fitri juga wajib menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker,” tambah Afrizon.

Di samping itu, khutbah Idul Fitri tidak terlalu panjang. Khatib diusahakan tidak berasal dari luar daerah atau luar kecamatan. Usai salat atau usai mendengarkan khutbah dihindari bersalaman dan  di lokasi  akan dijaga oleh pihak keamanan.

“Pemkab Tanah Datar meniadakan pelaksanaan shalat Id di Lapangan Cindua Mato pada tahun ini,” jelas Afrizon.

Biasanya, papar Afrizon, pelaksanaan salat Idul fitri dipusatkan di lapangan Cindua Mato. Di samping itu, juga  meniadakan takbir keliling, baik tingkat kabupaten maupun kecamatan.  Takbir bisa dilakukan di masjid dan musala masing-masing.

Reporter: Dajim/Andra      Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...