Perantau Sulit Air Positif Covid-19,  Sudah 10 Kasus Corona di Kabupaten Solok

110
Arosuka, SuhaNews – Kasus positif covid-19 Kabupaten Solok kembali bertambah. Total sudah ada 10 warga Kabupaten Solok yang terinfeksi virus corona ini. Sebanyak tiga orang meninggal, enam sembuh dan satu orang (pasien ke-10) kini diisolasi di rumah sakit.

“Benar, pasien covid-19 kembali bertambah satu orang,” ujar Bupati Solok melalui Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam, Jumat (10/7) di Arosuka.

Pasien ke-10, jelas Syofiar Syam, adalah perantau yang baru pulang dari Palembang ada 3 Juli 2020 lalu. DY (64 tahun)  adalah perantau dari Palembang. Lelaki usia senja ini, pulang sendirian ke Sulit Air menggunakan bis umum..

“Dari Singkarak, DY naik Ojek ke Sulit Air,” jelas Syofiar Syam.

Kepulangannya ke Sulit Air bermaksud untun berobat kampung. Karena DY diketahui punya riwayat Diabetes. Bahkan ia pernah pingsan di Masjid  Palembang. Di samping itu juga pernah berobat ke Poli Syaraf RS Bunda Palembang.

Pada  4 Juli 2020, DY bertemu dengan keluarganya, T yang baru pulang dari Jakarta. Pada hari yang sama DY pergi menjeguk ke Langkuniang Jorong Gando, Sulit Air. Ia bercengkrama serta berkontak dengan masyarakat sekitar.

Syofiar menjelaskan bahwa pada 6 Juli 2020 DY berobat ke Poli umum Puskesmas Sulit Air. Ia diantar oleh saudaranya T. Saat itu dilakukan cek DM dan Darah oleh analis Puskesmas, kemudian pasien pulang.

“Pada Rabu, 8 Juli 2020 malam, pasien kembali datang ke IGD Puskesmas Sulit Air dan petugas merujuknya ke RSUD M. Natsir Solok,” papar Syofiar Syam.

Pada Kamis,  9 Juli 2020 dini hari, jelas Syofiar Syam, pasien masuk IGD RSUD M. Natsir dan dilakukan perawatan di Ruang Interne.

“Baru pada hari itu, DY mengakui baru pulang dari Palembang,” jelas Syofiar Syam.

covidPetugas Interne, jelas Syofiar Syam, langsung memindahkan DY ke ruang isolasi. Pada Kamis,  9 Juli 2020 sekitar pukul 13.30 WIB, hasil Swab PDP atas nama DY menunjukkan hasil Positif.

“Kemarin dan Jumat (10/7) ini, petugas Puskesmas Sulit Air melakukan tracing dan pengambilan swab warga yang kontak erat dengan DY,” jelas Syofiar Syam.

Data Covid-19 Kabupaten Solok hingga Jumat ini, jelas Syofiar Syam, yakni 2 orang ODP, 1 orang PDP Isolasi Mandiri. Penambahan 1 (satu) orang pasien positif, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 10 (sepuluh) orang.

“Tes Swab sudah dilakukan sebanyak 1.162 orang,” pungkas Syofiar Syam. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...