Pulang dari Pesantren, Warga Kota Solok Dinyatakan Positif Covid-19

Pulang dari Pesantren, Warga Kota Solok Dinyatakan Positif Covid-19
Menunggu catatan sejarah
Solok, SuhaNews – Hanya sehari setelah pasien 04 dan 05 dinyatakan sembuh, Kota Solok kembali mengonfirmasi adanya pasien positif covid-19. Yang bersangkutan merupakan warga Jalan Rawa Pinang Simpang Rumbio, Kota Solok yang diketahui baru saja pulang dari pesantren

“Hari ini Kota Solok kembali ke zona merah, Warga Simpang Rumbio dinyatakan positif covod-19,” jelas Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solok, Syaiful Rustam di Solok, Jumat (17/7).

Salah seorang warga Jalan Rawa Pinang, Simpang Rumbio ini, jelas Syaiful Rustam, diambil sampel swab test pada Selasa, 14 Juli 2020. Ia dinyatakan Positif COVID-19.

“Akumulasi pasien positif COVID-19 Kota Solok menjadi 6 orang,” jelas Syaiful.

Dijelaskan Syaiful bahwa Tuan F, pasien positif  06 ini, berusia 20 tahun. Dua tahun belakangan warga kota Solok mondok di Pesantren Wali Barokah Kediri.

“Minggu 12 Juli 2020, berangkat dari Surabaya menuju Solok. Sehari sebelum berangkat telah melakukan rapid test dengan hasil non reaktif,” jelas Syaiful.

Begitu sampai di Kota Solok Minggu,  12 Juli 2020 malam, dua warga kota Solok ini melakukuan swab test pada Selasa, 14 Juli 2020 di Posko COVID-19 Banda, Panduang.

“Sang ibu dengan negatif dan ” Tuan F” dinyatakan positif COVID-19,” jelas Syaiful.

“Berdasarkan hasil tracing tim surveilans,  diketahui yang kontak erat di rumah ada 4 orang dan 1 keluarga,” jelas Syaiful.

Tim Posko COVID-19 Banda Panduang, jelas Syaiful, langsung melakukan swab tes di tempat kepada si ibu bersama dengan 4 kontak erat lainnya. Seluruh kontak erat langsung dengan pasien saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah, sambil menunggi hasil swab test.

“Pasien 06 direncanakan dikirim ke BPSDM Padang Besi Padang,” jelas Syaiful.

BACA JUGA  Safari Ramadan, Gubernur Mahyeldi Sampaikan Keistimewaan Orang Bertaqwa

Tim surveilans,  jelas Syaiful Rustam, yang merupakan Sekdako Solok ini, masih akan melakukan tracing kepada tetangga atau kerabat lainnya.

“Penemuan pasien baru positif Covid-19 ini menunjukkan upaya masif Gugus Tugas melalui Posko COVID-19 Banda Panduang melakukan swab tes sangat membantu guna mendeteksi lebih dini,” tambah Syaiful.

Wali Kota Solok melalui Sekretaris Gugus Tugas Syaiful Rustam, mengimbau masyarakat agar memahami maksud dan tujuan dilakukannya swab test ini. Walau di sisi lain akan berpeluang menambah ditemukannya konfirmasi positif baru.

“Semakin cepat kita ketahui semakin memudahkan kita memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Solok,” jelas Syaiful.

Atas nama gugus tugas, imbau Syaiful, menghimbau masyarakat untuk tidak menganggap bahwa kondisi telah normal. Semestinya semua tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19.

“Pakailah masker, jaga jarak, tetap menjalankan pola hidup bersih dan sehat,” tutup Syaiful.

Reporter: Mindok              Editor: Wewe

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaTim Wasev Puji Pelaksanaan TMMD/N di Nagari Panyalaian, Tanah Datar
Artikel berikutnyaBahas Idul Adha, Pemko Payakumbuh Gelar Wirid Pengajian Rutin