Pustaka Nagari Sulit Air Gelar Lomba Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda ke 93

Pustaka Nagari Sulit Air Gelar Lomba Peringati Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda ke 93
Sulit Air, SuhaNews – Pustaka nagari Sulit Air kecamatan X Koto Diatas kabupaten Solok menggelar berbagai lomba dalam rangka memperingati bulan bahasa dan hari Sumpah Pemuda ke 93 tahun 2021 ini.

Lomba yang digekar oleh Pustaka Nagari ini berlangsung di Balairung Sari, Medan Nan Bapaneh Balai Lamo, Sabtu (31/10) diantaranya, Lomba Membaca Tingkat SD se Nagari Sulit Air ( 12 SD),  Lomba Berbalas Pantun menyambut Anak Daro Tingkat Bundo Kanduang di IV Suku Sulit Air.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah ” Meningkatkan Minat baca dan Literasi Sosial, serta Impac melalui peringatan hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa”

Pergelaran lomba ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari Sumpah pemuda yang ke 93, hal ini disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Nagari Sulit Air, Darfinalti, S.Pd dalam perbincangan dengan Suhanews.

Rinciannya untuk lomba membaca ini ujar Panitia Lomba, untuk membaca di ikuti oleh siswa kelas 2 dan 3 di tingkat SD, tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca, sementara untuk lomba berbalas pantun ini bertujuan untuk meningkatkan budaya minang kabau terutama bundo kanduang di nagari sulit Air, terutama bundo kanduang bisa melaksanakan berbalas pantun di acara mananti anak daro di rumah gadang, dan lomba membuat kerajinan dari bahan bekas oleh tingkat PKK se Jorong Sulit Air.

Kepala pustaka nagari menyampaikan juga, untuk para pesertanya adalah para siswa SD se Nagari Sulit Air, dan juga Bundo Kanduang yang mewakili IV suku di Sulit Air (V Panjang, V Singkek, Piliang, dan Si Mabua)

Sambutan dari perwakilan KAN (Jar Rahmat Wk.Dt Mojo Kotik) mengucapkan selamat kepada peserta lomba yang akan mengikuti lomba, diharapkan keikut sertaan peserta dalam lomba bisa menumbuhkan minat baca baik untuk tingkat SD maupun menumbuhkan minat belajar untuk bundo kanduang, sehingga Buku Jendela Dunia memang benar terasa bagi kita nantinya.

BACA JUGA  Masjid Raya Sulit Air Direnovasi Total

Dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi Lomba, PJS Wali Nagari Sulit Air,  Jumaini, S.Sos. M.Si mendukung penuh kegiatan kepala Pustaka Nagari, apalagi moment yang di angkat tentang Hari Sumpah Pemuda, yang di angkat tentang minat Baca siswa tingkat SD, dan lomba berbalas Pantun untuk Bundo Kanduang.

Untuk peringat membaca juara 1 – SDN 04 Koto Tuo, juara 2 – SDN 05 Gando, juara 3 – SDN 16 Patai Labek.

Untuk Lomba Berbas pantun, juara 1 Bundo Kanduang Suku piliang,  juara 2 Bundo Kanduang Suku simabur, juara 3 Bundo Kanduang Suku simabur.

Dan untuk lomba Keterampilan daur ulang,  juara 1  Ibu PKK Talago Laweh juara 2 ibu PKK koto gadang, juara 3 Ibu PKK siaru

Ikut menghadiri dalam kegiatan ini Perwakilan Bundo Kanduang Sulit Air, Ketua PKK Nagari Sulit Air, Ny. Eva Susanti, Guru pendamping SD se Nagari Sulit Air. Hendrik | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaMotivasi Murid Baru, Jorong Batu Palano Kolaborasikan 2 Perguruan Silek
Artikel berikutnyaAfrizal Harun Terpilih sebagai Ketua MUI Kab.Solok Periode 2021-2026