Review Bus Sumbar (3), Naik Kudo Gadang atau Maunjua Class

SuhaNews – Setelah membahas Palala dan Pangeran, tulisan kali ini membahas PO. Transport Express yang baru saja meluncurkan kelas Kudo Gadangnya mengimbangi beroperasinya PO. Gumarang Jaya dengan Maunjua Class.

PO. Transport Express

Dua pemain lama yang sudah lama makan asam garam lintas sumatera ini, menghadirkan kelas terbaru pelayanannya dengan sama-sama memberikan kejutan. PO. Transport Express yang biasanya memakai mesin Mercedes Benz, untuk Kudo Gadang ini menghadirkan Hino Euro4 type RM280. Begitu juga bodynya, memakai buatan karoseri Morodadi Prima dengan label Patriot Travego serta SR3 Panorama dari karoseri Laksana.

Review Bus Sumbar (3), Naik Kudo Gadang atau Maunjua Class 1

Seperti layanan kelas premium yang disuguhkan kompetitor, Transport Express Kudi Gadang Class juga menyediakan legrest dan badcover di setiap seatnya, toilet dan sekat ruang kemudi dengan kabin penumpang. Namun sayang Kudo Gadang belum masuk kota Bandung, untuk sementara hanya melayani Sumbar – Jakarta – Bogor dan Bekasi.

Sedangkan kelas Ninik Mamak yak menyediakan 41 seat di setiap armadanya melayani penumpang hingga kota Bandung dan Sukabumi. Meski seatnya lebih banyak kenyamanan yang ditawarkan bus Rang Piaman ini juga disukai penumpang.

Untuk tempat berhenti, bus Transport Express memilih rumah makan Umega di Dharmasraya, Sedangkan titik berangkatnya dari Lubuk Basung dan Pariaman serta kota Padang. Sebaliknya mulai dari Sukabumi, Bandung, Bekasi dan Bogor.

Review Bus Sumbar (3), Naik Kudo Gadang atau Maunjua Class 2

PO. Gumarang Jaya

Yang tak kalah mencuri perhatian adalah Gumarang Jaya Bersama yang menampilkan siluet Kudo Rajo di bus terbaru “maunjua class” yang beroperasi akhir Februari 2023 lalu.

Bus buatan karoseri Laksana dengan body Panorama SR3 single glass didukung oleh chasis dan mesin Mercedes Benz OH1626 matic transmision dan air suspension.

Kebangkitan PO. Gumarang Jaya yang menghadirkan 10 unit sekaligus dengan transmisi matic mengejutkan penumpang. Setelah sekian lama, perusahaan yang dimasa jayanya sampai memberangkatkan 20 armada perhari ini hanya berangkat 1 unit perhari untuk rute Sumbar Jakarta.

BACA JUGA  Kemenag Kab Solok Tutup Kerja Tahun 2023 dengan Submit PMPZI

Maunjua Class sebagai layanan tertinggi dari Po. Gumarang Jaya memanjakan penumpang dengan legrest dan selimut dan smoking room. Selain Maunjua Class, kelas Executive tetap beroperasi seperti biasa, yang disetiap unitnya tersedia 40 kursi penumpang.

Selain unit lawas, pada kelas executive, Gumarang Jaya mengoperasi armada dengan mesin berbeda, ada Mercedes Benz dan Hino. Istimewanya penumpang mendapatkan 1 kali makan gratis di rumah makan milik Gumarang Jaya / pool di Bandar Lampung.

Review Bus Sumbar (3), Naik Kudo Gadang atau Maunjua Class 3

PO. Mutia Putri Mulia (MPM)

Tergolong masih baru, namun keseriusan pengusaha asal Simabur Tanah Datar ini di bis angkutan darat tak diragukan lagi, ini terbukti dari peremajaan armada yang dilakukan serta penambahan unit.

Konsisten dengan mesin dan chasis Hino, PO. MPM tampil kekinian dengan body dari karoseri Laksana, selain SR2 pada armada pendahulu, pada unit terbaru sudah memakai SR3 baik singel glass maupun dobuble glass. Selain itu juga ada armada dengan body Jetbus3 dari karoseri Adiputro.

Dari testimoni penumpang menyatakan cukup puas dengan pelayanan bus yang liverynya siliuet rumah gadang warna merah ini.

PO. MPM juga menyediakan bus yang dilengkapi legrest yang dinamakan premium class serta kelas executive yang menyediakan 40 seat. Titik keberangkatan dari Payakumbuh, Lubuk Basung / Pariaman dan Padang. Sebaliknya dari Bandung, Jakarta dan Bogor.

Untuk pedoman pembaca, berikut review pelayanan bus ini yang dinaiki SuhaNews pada tahun 2021 lalu.

kudo 

Selain bus yang telah dibahas diatas, masih bus lain yang secara resmi melayani rute Sumbar – Jakarta. Sebut saja LBJ ekspress yang satu group dengan Transport Express dengan rute mulai dari Lubuk Basung hingga Sukabumi dan Bandung.

BACA JUGA  Bupati Solok Cup: Singkarak Vs Gunung Talang Bertemu di Final

Kemudian PO. Family Raya Ceria, bus urang awak yang berkantor pusat di Bangko propinsi Jambi ini, terkenal sebagai bus Sumbar yang memiliki rute terpanjang, yakni dari Pesisir Selatan hingga Jogjakarta.

Semobodo, masih tergolong baru namun bus ini menawarkan kemewahan hingga busnya dilengkapi Pramugara / Pramugari. Dilihat dari aplikasi penjualan tiket, bus ini memiliki tarif tertinggi, baik untuk kelas excutive maupun kelas executive plusnya.

Setiap kali musim mudik / lebaran, biasanya akan banyak bus-bus pariwisata yang menyebut dirinya sebagai bus bantuan beroperasi di rute Sumbar – Jakarta dengan tarif beragam yang pada umumnya dibawah tarif bus resmi / reguler. Moentjak

Berita Terkait :

kudo kudo kudo kudo 

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -