Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok, Nyamannya Legrest 28 Set Bang Jago
SuhaNews – Diberi kesempatan mengikuti pelatihan oleh instansi tempat tugas, membangkitkan semangat traveling penulis, yang kemudian dirangkum dalam trip report. Untuk pulang ke Solok, dipilih bus MPM (Muthia Putri Mulia) salah satu perusahaan angkutan baru milik pengusaha asal Simabur kabupaten Tanah Datar.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 1

Sejak sampai di Bandung, penulis langsung searching bus ini diberbagai media. Mulai dari aplikasi penyedia tiket sampai media sosial dengan grup-grup pencinta bus maupun grup khusus bus MPM.

Menariknya, penumpang maupun netizen hingga masyarakat sering ragu dengan nama bus MPM karena mirip dengan NPM, yang notabene adalah legenda angkutan darat di Sumbar.

Kemampuan bus MPM meraih simpati masyarakat dengan pelayanan dan penampilan armadanya membuatnya melejit hingga mampu berdiri sejajar dengan perusahaan pendahulu dan melayani rute yang sama.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 2

Selain hal diatas, MPM konsisten dengan mesin Hino pada semua armadanya, juga body yang dipakai semuanya produk karoseri Laksana type SR2.

Ini juga menjadi daya tarik penulis, merasakan goyangan Hino RK di Lintas Sumatera. Karena perusahaan bus Sumbar dominan memakai Mercedes Benz. Ada juga beberapa yang memakai Hino seperti Gumarang Jaya namun tetap dominan Mercedes Benz.

Penulis memantapkan hati naik bus berwarna putih dengan livery abu-abu dan merah berhias batik dan siluet Rumah Gadang. Pilihan jatuh ke royal class dengan seat 28 plus legrest disetiap joknya, pilihan lainnya adalah kelas eksekutif dengan jumlah seat 41.

Searching dibeberapa aplikasi, tak ada seat yang tersedia meski masih ada jeda 2 hari lagi. Akhirnya penulis kontak Fadhil, bismania asal Saningbaka-Solok yang kini merantau ke kota Kembang.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 3

Lewat Fadhil, dititip pesan untuk mencarikan tiket royal class MPM, walau sudah di Bandung, anak muda ini tetap hobi foto bus, ini terlihat dari chanel youtube  dengan nama Fadhil Channel maupun akun media sosialnya masih update dengan hasil huntingnya selama di Bandung.

Setelah memastikan ketersediaan seat, Fadhil juga mengirim nomor kontak agen MPM di Bandung yang beralamat di jalan Soekarno Hatta, Caringin. Semua berjalan lancar. Selain langsung ke loket atau perwakilan, tiket bus MPM juga tersedia di aplikasi penjualan seperti Traveloka dan RedBus.

BACA JUGA  Awali Event Pacu Kuda, Ninik Mamak Arak-Arakan Naik Bendi Menuju Bancalaweh

Deal, tiket sudah didapatkan dengan jadwal keberangkatan ditanggal cantik, Kamis (11/11) pukul 08.00 dari Bandung dengan waktu lapor tiket pukul 07.30 WIB.

Dicoba stalking di grup kira-kira dapat unit yang mana, ditemukan dalam salah satu postingan kedatangan bus MPM pada hari Rabu (10/11) ada MPM dengan julukan Kota Budaya, salah satu unit dengan pengemudi favorit dan dikenal dekat dengan bismania maupun youtuber.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 4

Kamis (11/11) sesuai jadwal bersiap menuju loket Bandung, namun sebelumnya sarapan dulu di pasar Palasari. Dari Palasari menuju Caringin beberapa kali berpapasan dengan bus, termasuk Trans Bandung dan yang paling banyak adalah Primajasa ke berbagai kota tujuan di Jawa Barat. Umumnya yang memakai body Avante dari karoseri Tentrem dan Skyliner dari karoseri Rahayu Sentosa untuk yang ekonomi.

Memasuki Caringin, mulai bertemu bus-bus jurusan Sumatera.  Mulai dari Putra Raflesia tujuan Bengkulu, dekat pool Arimbi, ada beberapa unit Family Raya, Epa Star berbody Skyliner dan Avante dengan D’Soeltan Class, Lorena, dan Transport.

Di pool NPM yang berdampingan pool Primajasa juga tampak 2 unit yang sudah standby, kemungkinan yang akan berangkat pagi itu juga. Sampai diloket MPM, ada 3 unit bus disana.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 5

Paling belakang ada MPM dengan julukan Ladies yang belepotan bedak jalanan baru  sampai di Bandung pada Rabu Malam. Ditengah ada Legowo dan paling depan Patikawa. Diseberang loket MPM ada Bintang Kedjora 01 sedang stand by.

Begitu masuk ke loket, terlihat Alexandria yang akrab disapa Bang Alex tengah bersiap juga. Bersamanya juga ada beberapa crew MPM lainnya termasuk Kaliang yang menjadi crew MPM Legowo.

Usai melapor keberangkatan, menyempatkan diri hunting, lumayan banyak juga bus yang melintas pagi itu. Ada SAN yang juga masih melekat debunya, beberapa unit Epa Star, kemungkinan baru sampai dari Palembang, ada Yoanda Prima juga.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 6

Tak lama kemudian Fadhil pun datang, kami berdiskusi seputar bus seperti bahasan bismania pada umumnya. Pukul 08.05 WIB penumpang diminta naik ke bus. Sebelum berpisah menyempatkan diri berfoto dengan Fadhil, seraya mendoakan anak muda Tangaya ini sukses di rantau.

BACA JUGA  Walikota Pariaman Jajaki Kerjasama dengan Telkom University

Begitu naik bus dan masuk ke kabin penumpang, terasa nyamannya bus ini. Seat yang lapang produksi Rimba Kencana, dengan ukuran lumayan lebar serta jarak antar seat yang lega diserta selimut yang seragam terlipat rapi disetiap jok dan yang pasti bantal dengan logo MPM.

Pukul 08.20 WIB MPM Legowo yang dikemudikan Bang Alex bergerak meninggalkan loket Caringin dan langsung menuju tol Cipularang. Hanya enam penumpang yang berangkat dari loket Bandung. Informasinya nanti ada tambahan di Purwakarta, Pulo Gebang dan Pondok Pinang Jakarta.

Sebelum melaju, MPM mengisi solar di SPBU Rest Area pertama ini. Saat itulah MPM Patikawa yang tadi sama-sama di loket Caringin lewat. Sambil mengisi solar, Oki yang menjadi sopir dua menyalakan LED yang terpasang di sekat kabin penumpang dan ruang kemudi. Lagu Minang pun mengalun dalam bus ini.

Sepuluh menit mengisi Solar, MPM Legowo melanjutkan perjalanan menyusuri tol Cipularang. Berjalan santai, beberapa bus dari  bumi Pasundan terlihat mendahului, mulai dari DMI, Budiman dan bus lainnya.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 7

Sejam berjalan, NPM Legowo keluar di gerbang tol Sadang, Purwarkarta. Bus langsung menuju agen bus untuk menjemput penumpang. Hanya ada 1 Penumpang yang naik disini, namun MPM tetap mau menjemput dan keluar dari tol. Ini salah satu nilai plus pelayanan dari perusahaan yang mulai beroperasi pada 25 Mei 2019 ini.

Usai menaikan penumpang yang juga tujuan Solok ini, kemudi diambil alih Oki, Alex menuju ruang istirahat. MPM Patikawa yag sama start dari Bandung namun beda kelas pelayanan juga mengambil penumpang di loket Sadang ini.

Saat melintasi perempatan Sadang, beberapa bus jurusan Jawa Barat sekitarnya terlihat lagi ngetem menunggu penumpang. Mulai dari Budiman dan Primajasa yang tampilannya segar sampai bus yang terlihat kusam dimakan usia, dilihat dari livery dan bayangan bekas tulisan didindingnya seperti eks Marisa Holiday.

BACA JUGA  Wakili Kab.Solok, Ustadzah Dayu Dikunjungi Tim Penilai Penyuluh Teladan Sumbar

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 8

Jelang bus sampai di gerbang tol Sadang, Kaliang yang menjadi crew MPM Legowo bergegas ke kabin belakang mengantar handphone milik Bang Alex, karena ada panggilan dari putrinya di rumah.

Sayup terdengar percakapan Ayah dan Anak ini. Putrinya menceritakan tentang kegiatannya di sekolah pagi itu. Sesekali ada kalimat nasehat dari Bang Alex untuk anaknya dan doa dari anak untuk sukses ayahnya.

Sebuah kondisi yang berat dalam keluarga, namun harus dijalani demi hari ini dan masa depan. Isitilah bagi awak bus, mereka Terlatih Untuk Rindu.

Karena kondisinya memang seperti itu, bus yang sampai di tujuan akan dipersiapkan lagi untuk berangkat besoknya atau yang disebut Puta Kapalo, kecuali bus menjalani perawatan atau ada pergantian part yang membutuhkan waktu lama.

Trip Report MPM Legowo Bandung-Solok (1), Nyamannya Legrest 28 Set 9

Dari Sadang bus pun terus melaju melewati Bekasi menuju Terminal Terpadu Pulogebang. Arus lalu lintas melambat, walau tidak macet, karena padatnya lalu lintas di kawasan Industri ini, hingga bus keluar di gerbang tol Cikunir 2.

MPM Legowo pun sampai di terminal terpadu Pulo Gebang, pukul 10.35 WIB langsung menuju area menaikan penumpang dilantai dua yang siang itu sepi dari aktivitas. Di basement terminal terlihat puluhan bus antar kota tujuan Jawa Barat sedang istirahat menunggu jadwal keberangkatan.

MPM Legowo langsung mengambil parkir di area keberangkatan disisi timur untuk menaikan penumpang. Fendi

Bersambung…

Artikel Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakUjian SKB CPNS Kota Pariaman 2021 Ditinjau Wawako Pariaman
Artikulli tjetër600 Mustahik Terima Bantuan Logistik dari BAZNAS Tanah Datar