Selain Fasilitas Bus, Rumah Makan Jadi Pertimbangan Penumpang Menentukan Pilihan

SuhaNews – Mudik sebentar lagi, perantau mulai berburu tiket untuk pulang kampung. Selain fasilitas bus, rumah makan juga jadi pertimbangan untuk menjatuhkan pilihan.

Perjalanan dari Sumbar menuju Jabodetabek maupun sebaliknya memakan waktu lebih lurang 28 sampai 30 jam, untuk memberi kesempatan pada penumpang untuk istirahat makan sebanyak tiga kali sekaligus awak bus melakukan pengecekan kendaraan.

SAmbuatn dari petugas rumah makan pada penumpang yang turun dari bus akan menjadi ciri khas suasana perjalanan dengan angkutan darat ini. Selain ucapan selamat datang, penumpang juga diberi tahu letak toilet dan musala. fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas fasilitas

Selain Fasilitas Bus, Rumah Makan Jadi Pertimbangan Penumpang Menentukan Pilihan 1

Begitu juga saat waktu istirahat telah selesai, kembali terdengar panggilan pada penumpang untuk menaiki busnya seraya menyebutkan nama bus dan nomor dinding atau plat nomor agar penumpang tidak salah naik.

Berikut rumah makan yang jadi tempat persinggahan dari masing-masing perusahaan bus dalam perjalanan Sumbar – Jabodetabek / Bandung dan sebaliknya.

Rumah Makan UMEGA Gunung Medan

Rumah makan legendaris meilik keluarga mantan Bupati Dharmasraya Adi Gunawan ini merupakan rumah makan legendaris bagi Perantau Minang. Karena keberadaannya selama puluhan tahun menjadi tempat persinggahan bus maupun mobil pribadi dari dan hendak menuju rantau.

Di rumah makan legendaris ini, penumpang dapat menikmati hidangan prasmanan dengan beragam lauk mulai dari rendang hingga bermacam gulai lengkap dengan beberapa pilihan sayur.

Rumah makan ini paling banyak mendapat testimoni positif dari penumpang, hal ini terlihat komentar pada grup sosial media perusahaan bus.

Bus akan berhenti dirumah makan ini sekitar pukul 15.00 WIB jika dari Sumbar dan paling cepat pukul 09.00 WIB jika dari Jakarta, ini tergantung kondisi di jalan yang dipengaruhi macet.

BACA JUGA  Bus Sumbar Pulang Kosong, Patuhi Keputusan Dishub Jakarta

Bus yang berhenti di rumah makan Umega diantaranya, PO. Palala, PO. NPM, PO. Transport Express, PO. Gumarang Jaya, Po. Yoanda Prima

Selain Fasilitas Bus, Rumah Makan Jadi Pertimbangan Penumpang Menentukan Pilihan 2
Rumah Makan Palapa, Muaro Takung

Rumah Makan Palapa Muaro Takung

Rumah makan yang berada disisi kiri jalan Lintas Sumatera dari Kiliran Jao menuju Muaro Bungo ini menjadi persinggahan PO. ANS dan PO. Pangeran. Semasa PO. Lorena masih mengisi line ke Sumatera Barat juga menjadikan rumah makan ini tempat persinggahannya.

Rumah Makan Mutia Putri Mulia Koto Baru

Rumah makan yang dimiliki pengusaha bus asal Simabur Kabupaten Tanah Datar ini menjadi tempat persinggahan PO. MPM. Meski mengutamakan penumpang busnya sendiri, rumah makan ini juga ramai karena setiap harinya perusahaan dengan ciri khas livery siluet rumah gadang ini memberangkatkan paling kurang 4 armada dari Sumbar dan sebaliknya, bisa lebih jika penumpang padat.

Salah satu menu yang banyak mendapat pujian penumpang dari rumah makan ini adalah gulai cancangnya, yang kualitas rasanya diatas rata-rata kualitas rumah makan persinggahan bus.

Rumah Makan Wisata Minang Tempino

Bus biasanya akan berhenti disini dini hari jika perjalanan lancar dari Sumbar menuju Jakarta, jika bulan Ramadan cocok dengan waktu sahur. Begitu juga perjalanan sebaliknya dari Jakarta yang biasanya akan sampai di rumah makan ini waktu sahur atau subuh.

Tak jarang juga bus dari Jakarta memberi kesempatan pada penumpang untuk solat subuh di rumah makan ini.

Bus yang singgah disini adalah PO. NPM dan PO. ANS serta beberapa bus lintas timur lainnya.

Rumah Makan Soto Jakarta

Meski namanya rumah makan Soto Jakarta, banyak juga pilihan menu yang disajikannya. Selain soto, beragam menu maskaan Padang juga tersedia. Lokasinya tak jauh dari rumah makan Wisata Minang.

BACA JUGA  Kembali Bus Sumbar - Jakarta Jadi Korban Pelemparan Batu di Tol Tran Sumatera

Diantara bus Sumbar – Jakarta yang singgah disini adalah PO. Sembodo.

Rumah Makan Simpang Raya Bayung Lincir

Ini juga salah satu legendaris rumah makan di jalur lintas timur. Rumah makan ini telah lama beroperasi jauh sebelum adanya tol tran Sumatera. Ini menjadi salah satu pilihan utama bus Lintas Timur sejak dulunya.

Selain bus banyak juga truk yang beristirahat di rumah makan ini karena area parkir yang luas. Untuk kualitas rasa, penumpang bus memberikan bintag tiga untuk rumah makan ini.

Selain menu nasi dengan aneka masakan padang dengan pilihan aneka gulai hingga kalio, di rumah makan ini soto dan nasi gorengnya juga terbilang enak.

Bahkan sate padang dengan gerobak yang berjualan didepan lobi utama rumah makan ini juga banyak mendapat pujian dari pengunjung karena rasanya yang lumayan enak.

Selain Fasilitas Bus, Rumah Makan Jadi Pertimbangan Penumpang Menentukan Pilihan 3
Rumah makan Simpang Raya, Lubuk Linggau

Rumah Makan Simpang Raya Lubuk Linggau

Jika lintas timur macet, maka sebagian bus akan memilih rute  lintas tengah yang melewati kota Lubuk Linggau. Salah satu rumah makan yang juga telah lama beroperasi dan tetap eksis sampai sekarang adalah rumah makan Simpang Raya.

Rumah makan Simpang Raya Lubuk Linggau terbilang nyaman untuk beristirahat. Selain tampat yang lapang juga ditopang oleh toilet dan musala yang bersih.

Rumah makan ini juga menyediakan penginapan bagi pengendara maupun penumpang yang ingen melepas lelah.

Rumah Makan Bukit Indarung, Bandar Jaya

Menjelang menyeberang di pelabuhan Bakauheni, bus dari Sumbar akan berisitirahat disektar Lampung, salah satunya di Bandar jaya. Rumah makan yang berada di depan dealer ini juga mendapat respon positif dari penumpang untuk rasa dan pelayanannya. Bus yang berhenti ini diantaranya PO. Palala.

BACA JUGA  Palala Hadirkan Bus "Sirah", Gumarang Jaya Datangkan "Maunjua Class"

Rumah Makan Gadang Jaya 3, Bandar Jaya

Letaknya tak jauh dari rumah makan Bukit Indarung, rumah makan ini menjadi persinggahan bus ANS. Zaman PO. Bintang kedjora masih beroperasi juga singgah disini. Selain ANS, banyak juga bus lintas timur lainnya yang singgah disini seperti bus jurusan Palembang dan sekitarnya menuju pulau Jawa.

Rumah Makan Wisata Minang Kalianda

Berada tak jauh dari exit tol, rumah makan ini menjadi persinggahan PO. NPM. Parkiran rumah makan akan dipenuhi oleh deretan bus dengan livery kaluak paku. Rumah makan ini akan ramai dua kali sehari, pagi hingga siang oleh bus NPM yang datang dari Sumbar menuju Jabodetabek.

Sedangkan sore oleh bus yang baru keluar kapal dan hendak melanjutkan perjalanan menuju Sumbar.

Rumah Makan Siang Malam Kalianda

Berada tak jauh dari rumah makan Wisata Minang dan berada dijalan lintas sumatera menuju pelabuhan Bakauheni.

Rumah Makan ini banyak disinggahi oleh bus dari berbagai perusahaan dan kota tujuan di Sumatera. Untuk bus Sumbar yang singgah disini diantaranya PO. Transport Express dan pendatang baru PO. Miyor.

Rumah Makan Mutia Putri Mulia Kalianda

Seperti rumah makan dengan nama yang sama di Koto Baru Dharmasraya Sumatera Barat, rumah makan ini diliki oleh PO. MPM dan menjadikannya sebagai tempat istirahat penumpang bus tersebut.

Berita Terkait :

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -