Seleksi Wisuda Waqaf 1.000 Tahfidz Ke-5 Tanah Datar Diikuti 1.563 Santri

wa
Kabag Kesra Tanah Datar, H. Afrizon
Batusangkar, SuhaNews – Sebanyak 1.563 santriwan dan santriwati ikuti seleksi wisuda Waqaf 1.000 Hafiz ke-5 Tanah Datar Tahun 2020. 

“Antusias para haafizh dan haafizhah yang ikut seleksi cukup tinggi,” kata Kepala Bagian Kesra H. Afrizon Jum’at (4/9/2020) di sela kegiatan di Kantor Camat Lima Kaum.

Pendaftaran Waqaf untuk 1 Juz, jelas Afrizon, sudah selesai dan ditutup sejak 1 September. Saat ini memasuki tahapan seleksi per kecamatan. Sedangkan untuk 3 Juz ke atas pendaftaran sampai 1 Oktober 2020.

“Dari data pendaftaran di Bagian Kesra, peserta terbanyak berasal dari Kecamatan X Koto,” jelas Afrizon.

Kecamatan X Koto mengirimkan utusannya 291 orang. Kemudian Rambatan 197 orang, Batipuh 186 orang, Lintau Buo Utara 132 orang, Lima Kaum 121 orang, Tanjung Baru 105 orang, Sungayang 91 orang, Tanjung Emas 82 orang, Batipuh Selatan 80 orang, Sungai Tarab 70 orang, Salimpaung 62 orang, Pariangan 60 orang, Lintau Buo 52 orang dan Padang Ganting 43 orang peserta.

“Pelaksanaan seleksiakan dimulai dari Kecamatan Rambatan dan diakhiri di Batipuh,” jelas Afrizon.

Kegiatan seleksi oleh Bagian Kesra dan Tim Seleksi Kabupaten, tambah Afrizon, InsyaAllah akan dimulai 12 September di Kecamatan Rambatan dan diakhiri di Batipuh pada 4 Oktober.

“Dalam seleksi ini, lokasinya sudah disesuaikan serta menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” kata Kabag Kesra.

Adapun tata cara yang harus diikuti, terang Afrizon, peserta hadir sesuai jadwal dan wajib pakai masker dari rumah masing-masing. Sebelum memasuki ruang seleksi peserta dan tim harus mencuci tangan atau memakai hand sanitizer. Peserta hadir dan langsung mengikuti seleksi tanpa ada acara seremoni.  Sehabis mengikuti seleksi peserta langsung pulang.

“Apabila ada santri yang tidak patuh, mohon maaf tidak bisa ikuti seleksi,” tegas Afrizon.

Santri yang lulus, jelas Afrizon, datanya akan dimasukan ke E-Tahfizh Tanah Datar di mana sampai saat ini sudah 5000 santri teregistrasi dan bersertifikat 1 Juz dan 472 orang yang 3 juz ke atas yang telah divalidasi oleh Lajnah Tahfizul Qur’an Tanah Datar. (Dajim)

Baca juga:

Facebook Comments

loading...