Serah Terima Barang, Bupati Solok Vicon dengan Balitbang Perumahan Wilayah I Medan

215
serah
Penandatanganan berita acara serahterima barang oleh Sekda Aswirman
Arosuka, SuhaNews – Bupati Solok diwakili Sekda Aswirman melakukan Video Conference (Vicon) serahterima barang persediaan hibah hasil kerja sama dari Balitbang Perumahan Wilayah I Medan kepada Pemkab Solok berupa penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di Dermaga Danau Singkarak, Jumat (3/7/2020) di Ruang Kerja Bupati Solok di Arosuka.

Vicon ini diikuti oleh Kepala Balitbang Perumahan wilayah 1 Medan Rusli, ST,MT beserta Jajaran, dan di Arosuka hadir Bupati Solok diwakili Sekda Aswirman, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Nasripul Romika, Kepala Barenlitbang Erizal, SE, MM, Dinas Kesehatan, Dinas PRKPP dan Dinas PUPR, serta BKD.

“Pada hari ini kita dari balitbang perumahan wilayah 1, medan bekerja sama dengan kementerian PUPR akan  melakukan serah terima hibah barang persediaan untuk diserahkan ke pemda kabupaten solok berupa penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di dermaga Danau Singkarak,” ujar Rusli.

serahKegiatan ini, jelas Rusli, merupakan lanjutan dari serah terima pemanfaatan penerapan teknologi pengelolaan air bersih dan sanitasi didermaga Danau Singkarak antara Balitbang perumahan wilayah 1 medan dengan Pemda Kabupaten Solok pada 9 Desember 2019 yang lalu.

“Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai role model teknologi terpadu pengelolaan air minum dan sanitasi serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang ada di sekitar Danau Singkarak,” tambah Rusli.

Sementara Bupati Solok melalui Sekda Aswirman menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR khususnya Balitbang Wilayah 1 Medan yang telah memfasilitasi program ini untuk pemerintah Kabupaten Solok.

“Prjanjian kerja sama ini dimaksudkan sebagai upaya bersama dalam pemanfaatan air bersih dan sanitasi yang serta untuk mendukung penyelamatan Danau Singkarak,” jelas Aswirman.

Air minum dan sanitasi, jelas Aswirman, merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi keberlangsungan kehidupan. Karena itulah, diperlukan upaya penanganan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat.

“Cakupan layanan air minum di kabupaten solok masih mencapai 75,07% Sedangkan cakupan akses Sanitasi adalah 69,4%,” jelas Aswirman.

Dengan adanya bantuan dari Kementerian PUPR melalui Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan diharapkan bisa menerapkan teknologi air bersih dan sanitasi di Kabupaten Solok. Selain Di Danau Singkarak, mudah-mudahan ke depan juga bisa diterapkan di Danau Diatas, Danau Bawah dan Danau Talang.

“Dengan telah diserahterimakannya sarana air bersih dan sanitasi ini diharapkan bisa dijaga dan dirawat secara optimal,” harap Aswirman. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...