Shalat Jumat di Islamic Center Koto Baru Tetap Ramai Jamaah

Shalat Jumat di Islamic Center Koto Baru Tetap Ramai Jamaah
Solok, SuhaNews. Jumat (20/3) menjadi pertama libur sekolah bagi sebagian siswa di Sumatera Barat. Begitu juga dengan adanya Fatwa MUI tentang shalat Jumat selama virus corona merebak.

Di Islamic Center Koto Baru kab. Solok, kondisi shalat Jumat berlangsung seperti biasa. Ditengah kontroversinya masyarakat melaksanakan shakat berjamaah di masjid dan mushalla, jamaah Masjid Agung Nurul Mukhlisin Islamic Center Koto baru tetap seperti biasa.

Bahkan paginya juga dilaksanakan wirid oleh ASN kantor-kantor di sekitar komplek Kantor Bupati Kab. Solok lama ini. Walau ada beberapa jamaah yang memakai masker, namun semua berjalan lancar.

Sebagai khatib adalah H. Alizar, Kepala Kantor Kemenag kab. Solok yang memulai khutbahnya dengan keutamaan dan kesitimewaan Al Qur’an. Kemudian khutbahnya juga membahas tentang wabah Corona atau Covid-19 yang tengah merebak saat ini.

Berita Terkait : Cegah Virus Corona Islamic Center Kab. Solok Disemprot Disinfektan

H. Alizar menyebut selaku umat Islam yang perlu [erbuat adalah memperkuat pertahanan diri baik rohani maupun jasmani.

Dijabarkannya memperkuat pertahan rohani adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah melalui peningkatan ibadah sebagai penguat keimanan menuju ketaqwaan. Kemudan jasmani adalah meningktkan kebrseihan diri untuk menjaga kesehatan dengan mengikuti petunjuk yang disampaikan oleh Pemerintah dan pighak terkait melalui media.

Dalam khutbahnya H. Alizar juga mengingatkan jangan sampai kita memberi kabar pertakut atau hoax yang justru merugikan sendiri, baik secara hukum maupun krisis kepercayaan dari orang-orang disekitar kita.

Usai shalat Jumat sekitar pukul 14.00 WIB, SuhaNews menghubungi Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) H. Syamsir Khatib Sampono untik mengkonfirmasi pelaksanaan Shalat Jumat di Kabupaten Solok ditengah waspada Corona ini, mendapat jawaban bahwa untuk Jumat (20/3) ini semua Masjid di Kab. Solok melaksanakan shalat Jumat seperti biasa.

BACA JUGA  Pasan Etek di Rumah Sakik Untuk Melindungi Diri dari Covid-19

“Alhamdulillah semua masjid di Kabupaten Solok melaksanakan shalat Jumat seperti biasa, saya juga sudah berkomunikasi dengan DMI kecamatan. Jamaah tetap melaksanakan Shalat Jumat dengan jumlah jamaah sama dengan Jumat sebelumnya,” ujah H. Syamsir via telpon.

H. Syamsir mengajak umat ditengah situasi seperti kita bukan menjaga jarak dengan tempat ibadah. Tetapi tetap melaksanakan kewajiban dan shalat berjamaah sembari memperketat keamanan diri dan meningkatkan kebersihan tempat ibadah, sebutnya.

Selain mengkonfirmasi DMI Kab. Solok, SuhaNews juga menghubungi MUI Kab. Solok melalui sekretaris H. Elyunus, namun hingga berita ini diturunkan belum direspon. Moentjak

Baca Juga : 

Facebook Comments

loading...